Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 03 Maret 2019 / 16:12 WIB

Sosialisasi Sasar Milenial, Bidik 75 % WP Laporkan SPT

PURWOREJO, KRJOGJA.com -  Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purworejo menargetkan 75 persen wajib pajak (WP) melaporkan pajaknya pada batas akhir pelaporan 31 Maret 2019.  Pada periode pelaporan tahun 2018, sebanyak 72 persen dari kurang lebih 50 ribu WP wajib lapor yang melaporkan SPT tahunannya.Secara total, jumlah WP di Kabupaten Purworejo mencapai 90 ribu jiwa. Namun tidak seluruhnya memiliki kewajiban melaporkan SPT tahunan. 

"Dari angka itu hanya 50 ribu yang wajib, yakni mereka yang besaran penghasilannya di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)," tutur Kepala KPP Pratama Purworejo Yoepidha Laksmijarta Soemantri, kepada KRJOGJA.com, disela sosialisasi Spectaxcular 2019 CFD Purworejo, Minggu (3/3).

Menurut Yoepidha KPP Pratama Purworejo juga menargetkan pelaporan menggunakan e-Filling untuk 19 ribu wajib pajak. Target itu naik dibandingkan realisasi e-Filling tahun 2018 yang baru 18.000 WP.
  
Menurutnya, upaya sosialisasi terus dilakukan dengan menyasar seluruh kelompok masyarakat. "Kami adakan even sosialisasi di tempat keramaian seperti car free day (CFD) atau mendatangi komunitas masyaraka. Tujuannya agar mereka bisa menyosialisasikan kepada lingkungan terkait kemudahan melaporkan pajak menggunakan e-Filling. Sosialisasi di keramaian juga mengingatkan masyarakat bahwa mereka punya kewajiban melaporkan SPT dan akan lebih lancar apabila melaporkannya sejak awal," terangnya. (Jas)