Angkringan Editor : Agung Purwandono Minggu, 03 Maret 2019 / 10:19 WIB

Agenda Festival Patjar Merah Minggu 3 Maret, Ada Alexander Thian

YOGYA, KRJOGJA.com – Festival Kecil Literasi dan Pasar Buku pertama di Yogya hari pertama ramai dihadiri pengungung. Acara dimulai dari pagi pukul 09.00 hingga malam pukul 22.00 WIB. Selain dibuka dengan pasar buku, berbagai macam kegiatan Lokakarya dan Obrolan Patjar mengisi hari pertama ini.

Lokakarya Patjar pertama adalah penulisan kreatif puisi bersama Joko Pinurbo (penulis Selamat Menunaikan Ibadah Puisi & Telepon Genggam) dan FX. Rudy Gunawan yang diadakan mulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Lokakarya pertama ini sekaligus menjadi satu-satunya lokakarya berbayar di acara Lokakarta Patjar Merah.

Acara kemudian disambung dengan Obrolan Patjar yang membincangkan perjalanan Bumi Manusia bersama Max Lane (penerjemah Bumi Manusia), Whani Darmawan (pemain film Bumi Manusia), dan Muhidin M. Dahlan (penulis Ideologi Saya Adalah Pramis). Acara ini berlangsung mulai pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Dilanjutkan lokakarya oleh Marrysa Tunjung Sari yang membawakan materi Menghidupkan Cerita Lewat Fotografi. Lokakarya ini adalah lokakarya kedua sekaligus terakhir yang diadakan oleh Patjar Merah pada hari pertamanya.

Dari mulai sore hingga malam hari, festival literasi Patjar Merah akan diisi dengan Obrolan Patjar mengenai mereka-mereka yang berjasa membawa buku berjalan jauh. Adalah Nila Tanzil (pendiri Taman Baca Pelangi) dan Faiz Ahsoul (pegiat literasi). Bersama kedua orang ini Obrolan Patjar akan membahas seputar minat baca, akses baca atau akses bahan bacaan di negara kepulauan seperti Indonesia.

Obrolan Patjar ditutup bersama Ismail Basbeth (penulis skrip Arini & Mobil Bekas dan Kisah Dalam Putaran) dan Jenny Jusuf (penulis skrip Filosofi Kopi & Critical Eleven). Kedua penulis skrip film ini membincangkan mengenai alih wahana dalam dunia literasi—dari buku ke film, dari film ke buku.

Sedang untuk agenda Patjar Merah hari kedua sebaga berikut :

MINGGU 3 MARET 2019

Pukul 10.00 – 12.00
OBROLAN PATJAR : LITERASI DIGITAL : PEREMPUAN-PEREMPUAN YANG BERSUARA
Jenny Jusuf (Penulis dan Penggiat Wacana “Perempuan Berbudaya”)
Kalis Mardisih (Islami.co)

 

Pukul 13.00 – 15.00
OBROLAN PATJAR : MEET BTS – WE FIGHT
Shifra Lushka (Penulis “BTS – Today We Fight”)

 

Pukul 15.30 – 18.00
OBROLAN PATJAR : KOREAN WAVES DAN INDUSTRI BUKU INDONESIA
Cahyo Satria (Pemred Shira Media),
Syafial Rustama (Pemred Bukune)
Shifra Lushka (Penulis BTS – Today We Fight)
Asabell Audida (Penulis “Eufloria”)
 
Pukul 19.00 – 21.00
LOKAKARYA PATJAR : MEMBANGUN PENJENAMAAN PERSONAL PENULIS DI ERA DIGITAL
Alexander Thian (Penulis, Fotografer da Kreator Konten Digital)