Gaya Hidup Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 03 Maret 2019 / 11:08 WIB

Mau Masak Sambal Goreng Pete, Begini Caranya

BAGI sebagian orang, makan tanpa sambal bagaikan pohon tak berbuah. Apapun jenis makanannya, keberadaan sambal membuat makanan yang biasa saja menjadi sempurna. Sambal juga bisa dipadukan dengan aneka bahan dan diolah menjadi masakan pedas. Salah satunya pete.

Sambal pete, olahan sambal yang dimasak menggunakan bahan pete. Bumbu untuk membuatnya tidak jauh berbeda dengan sambal yang ini. Seperti bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, dan lain-lain. Sementara itu sambal pete juga bisa dijadikan lauk pauk tunggal. Sambal pete dijamin bikin makan lahap. Makin enak lagi dengan paduan bakso.

Lantas, apa saja bahan-bahan yang diperlukan serta bagaimana cara membuat sambal pete bakso, jangan lewatkan dan simak selengkapnya. Karena Krjogja.com sudah merangkumnya untuk anda. 

Bahan-bahan yang :
Pete secukupnya atau sesuai selera
Bakso satu kemasan.


Bumbu-bumbu:
Cabai rawit 1/4 kg
Bawang merah 4 siung
Bawang putih cinso 3 siung
Garam lembut
Gula putih
Penyedap rasa

Cara memasaknya :
1. Kupas pete terlebih dahulu kemudian potong kecil atau selera lalu lakukan pemotongan pada bakso..

2. Kupas bahan bumu dan jangan lupa untuk mencucinya. Setelah itu ulek semua bahan cabai, bawang merah dan putih hingga halus.

3. Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis sambal terlebih dahulu. Masukan bahan sambal ke minyak goreng hingga terlihat matang. Kemudian masukan bakso dan disusul pete.

4. Goreng dan aduk hingga masakan sambal menjadi merata. Setelanya masukan bumbu agar masakan menjadi nikmat. Tambahkan 1/2 sendok makan garam halus atau secukupnya  dikira-kira, kemudian masukan gula sebanyk 1 sendok makan atau sesuai selera, dan tambahkan penyedap agar masakan semakin wenak.

5. Tunggu dan aduk hingga masakan matang sempurna. Sajikan sambal dengan piring cantik masakan semakin indah.

6.Tara, masakan sambel pete bakso minggu ini bisa kalian coba dan dinikmati. 

7. Catatan : paduan sambal bisa juga menggunakan sosis, cumi-cumi atau jamur.(Evi Nur Afiah)