Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 02 Maret 2019 / 01:51 WIB

Jelang Pilpres 2019, Awas Uang Palsu!

JAKARTA, KRJOGJA.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memastikan bahwa tidak ada peredaran uang palsu jelang pemilihan umum 2019. Pernyataan itu sekaligus menjawab keresahan masyarakat akan maraknya uang palsu yang beredar pada saat pilpres.

Perry mengatakan, selama ini BI sudah melakukan langkah-langkah menangkal peredaran uang palsu. Oleh karenanya, dirinya meminta masyarakat agar tetap tenang.

"Dari dulu kita sudah melakukan melakukan langkah-langkah untuk memastikan bahwa peredaran uang palsu itu bisa dideteksi bisa ditangani. Sebelum pemilu dan itu itu sudah suatu standar," katanya kepada media, Jumat (1/3/2019).

Untuk mengantisipasi peredaran uang palsu tersebut, BI juga telah menggandeng pemerintah termasuk melalui Badan Koordinasi Penanganan Uang Palsu. "Itu sudah jalan secara rutin mendeteksi kemudian menempuh langkah-langkah," pungkasnya.

Seperti diketaui, uang palsu sebanyak Rp 1,8 miliar gagal edar di wilayah Bogor, Jawa Barat. Upal tersebut terdiri dari 18 gepok pecahan Rp 100.000 dan 1 lembar mata uang dolar AS. Hingga kini kasus ini dalam penyelidikan pihak kepolisian. (*)