Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 28 Februari 2019 / 18:06 WIB

Hadapi Industri 4.0, Kemenpar Siapkan Go Digital

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri  Pariwisata (Menpar)  Arief Yahya menegaskan program Go Digital menjadi salah satu program strategis Kemenpar dalam upaya memenangkan pasar di era industri 4.0.  Karena itu, pada tahun ini akan fokus penguatan sumber daya manusia (SDM) pariwisata agar dapat memenangkan kompetisi global di era industri 4.0. 

"Untuk menenangkan pasar di era industri 4.0, Kemenpar  tahun ke 5 ini, fokus untuk peningkatan SDM,” kata Menpar Arief Yahya pada acara pembukaan Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I Tahun 2019, di Jakarta, Kamis (28/2).

Dikatakan, perubahan perilaku pasar diikuti pula dengan berubahnya perilaku  konsumen (customer behavior) yang semakin mobile, personal, dan interaktif dan ini menjadi sifat dari digital yakni semakin digital, semakin personal (The more digital, the more personal).  “Suka atau tidak suka, sudah terjadi perubahan perilaku pasar. Semua telah bergeser ke arah digital dan saat ini industri dunia telah bergeser ke arah industri digital era 4.0,” paparnya.

Dijelaskan, tema besar yang diangkat dalam Rakomas yakni Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0 ‘Transforming Tourism HR to Win The Global Competition in The Industry 4,0 Era’. 

Dipaparkan,  dalam industri pariwisata perubahan customer behavior itu terlihat ketika search and share 70 persen sudah melalui digital. Industri travel agent sudah tidak lagi bisa mengandalkan walk in service untuk reservasi tiket dan memilih paket wisata. Semua sudah berubah dengan digital.

Menpar mengingatkanperubahan perilaku konsumen yang mempengaruhi pasar tersebut digerakkan oleh kaum milenial karena kaum milenial adalah masa depan Indonesia.
Milenial cenderung selalu berperilaku dengan basis digital, mobile, interaktif yang kini jumlahnya mencapai 50 persen dari jumlah wisman inbound ke Indonesia. (Lmg)