Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 28 Februari 2019 / 17:42 WIB

Fumigasi Cegah Kerusakan Kotak Suara Pemilu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar bekerjasama dengan Perum Bulog Subdivre Jawa Tengah melakukan fumigasi gudang penyimpanan kotak suara Pileg dan Pilpres di Gedung Serbaguna Kelurahan Cangakan, Kecamatan Karanganyar Kota, Rabu (27/2) siang. Fumigasi dilakukan untuk mencegah kerusakan kotak suara pemilu dari serangan hama pengganggu. 

"Kotak suara disimpan di dua gedung, yakni Gedung Serbaguna Kelurahan Cangakan dan gedung sebelah selatan PKPRI. Ada perlakukan berbeda. Bulog menyarankan spraying dan sanitasi untuk gedung PKPRI sedangkan Gedung Serbaguna ini fumigasi," kata Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari. 

Jumlah kotak suara pilpres dan pileg hasil penyortiran dan perakitan 15.932 buah. Sebanyak 24 buah kotak suara rusak. Seluruhnya disimpan di dua gudang tersebut. Proses fumigasi dilakukan dengan pengawasan dari pihak bawaslu dan aparat keamanan. 

Sebelum menyebar obat fumigasi berupa fosfin, petugas terlebih dahulu melakukan penutupan ventilasi maupun celah-celah udara. Selanjutnya, fosfin yang berbentuk butiran kecil-kecil ini di letakan dalam kantung kain dan disebar dititik-titik yang telah ditentukan. Zat kimia itu akan menyublim dan memenuhi seluruh ruangan gudang. 

Untuk membunuh hama pengganggu, gudang berisi belasan ribu kotak suara ini akan ditutup sekitar lima sampai tujuh hari usai difumigasi. Gudang yang difumigasi harus steril dari aktivitas manusia karena dapat membahayakan jika terpapar obat di dalamnya. (Lim)