Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 28 Februari 2019 / 20:30 WIB

Rel Jalur Ganda Palur-Kedungbanteng Siap Digunakan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Pejabat PT KAI Daops VI Yogyakarta dan pelaksana proyek rel ganda Stasiun Palur, Karanganyar-Stasiun Kedungbanteng, Sragen melakukan pengecekan final infrastruktur sepanjang 34 kilometer itu, Kamis (28/2). Direncanakan, operasional dibuka secara resmi pada Selasa (5/3). 

Pimpinan proyek jalur rel ganda KA Palur-Kedungbanteng, Arif Sujiatmoko mengatakan pengecekan final oleh para pejabat terkait, lebih memantapkan persiapannya mengoperasikan jalur rel ganda yang dibangun secara bertahap sejak 2015 itu. "Jalur baru sudah jadi. Telah dilakukan pengujian oleh tim serta lulus safety assesement. Semua peralatan sudah terpasang, termasuk sinyal," katanya kepada KR.

Dalam pengecekan itu, dihadiri Kepala PT KAI Daops VI Eko Purwanto, pejabat humas Eko PT KAI daops VI Eko Budiyanto dan pejabat lainnya dari Satker Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Rombongan tiba di Stasiun Palur sekitar pukul 08.15 WIB. Di stasiun ini, mereka memeriksa ruang kendali dan beberapa ruangan lain. Rute pengecekan selanjutnya ke Stasiun Kemiri, Stasiun Masaran, Stasiun Sragen Kota, Stasiun Kebonromo lalu Stasiun Kedungbanteng.  "Gedung utama 100 persen jadi. Hanya, masih akan membongkar eksisting (kantor lama Stasiun Palur) usai operasional jalur ganda. Itu diperlukan untuk menyambungkan shelter," katanya. 

Melalui pengoperasian jalur ganda KA, ia menjamin faktor keselamatan dan pelayanan pengguna jasa lebih meningkat. "Dari semula sinyal mekanik ke elektrik. Tentu tingkat keselamatannya lebih terjamin. Kemudian menghilangkan persilangan antarkereta api. Dari sebelumnya harus gantian di jalur tunggal, kini punya jalur sendiri di rel ganda. Tentunya enggak ada lagi waktu tunggu. Waktu tempuh lebih singkat," katanya. (Lim)