DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 28 Februari 2019 / 11:23 WIB

KADIN DIY USUL DIGELAR RUTIN

Jogja Heboh, Angin Segar Dunia Usaha

YOGYA, KRJOGJA.com - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY menilai pelaksanaan Jogja Heboh 2019 setidaknya memberikan angin segar bagi dunia usaha dan pariwisata di DIY selama masa low season pada Februari 2019. Event yang diinsiasi Kadin DIY, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DIY, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY bersama stakeholders lainnya ini dapat membangun kembali aktivitas perputaran bisnis dan pariwisata di DIY.

"Saya melihat potensi Jogja Heboh ini bisa membantu sektor hotel dan transportasi di tengah kelesuan selama masa low season di DIY. Ada kenaikan di masa low season, meski belum maksimal dan sempurna selama digelar Jogja Heboh 2019," papar Ketua Umum Kadin DIY Gusti Kajeng Ratu (GKR) Mangkubumi kepada <I>KR<P>, Rabu (27/3).

GKR Mangkubumi mengatakan, dengan banyaknya kegiatan yang coba dihadirkan dalam bulan ini, bisa menggiatkan dan menggairahkan pariwisata DIY. Selain itu, event Jogja Heboh juga berdampak terhadap dunia usaha, terutama bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DIY.

"Saya masih menunggu data capaian Jogja Heboh 2019 dari tim panitia. Terutama persentase kenaikan jumlah wisatawan, transaksi maupun okupansi selama Jogja Heboh 2019 berlangsung," tandasnya.

Menurut GKR Mangkubumi, meski belum tampak secara angka, tetapi dampaknya secara umum kenaikan tersebut sudah ada. Setidaknya jumlah penumpang, wisatawan dan transaksi mempunyai harapan tumbuh meskipun naik tipis selama pelaksanaan Jogja Heboh tahun ini. "Kami ingin Jogja Heboh dapat dilaksanakan setiap tahun dan mohon kemitraan bisa semakin banyak serta ditingkatkan ke depannya," ujarnya.

Putri Sulung Raja Kraton Yogyakarta ini menjelaskan, setiap agenda di Jogja Heboh bisa berjalan dengan baik dan bisa membantu upaya promosi DIY. Jogja Heboh bisa memberikan angin segar bagi dunia usaha dan pariwisata di DIY selama masa low season. "Kami berharap promo dan atraksi dalam Jogja Heboh ini bisa bermanfaat bagi masyarakat maupun wisatawan," pungkas GKR Mangkubumi. (Ira)