Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 26 Februari 2019 / 02:12 WIB

Bagi 1500 Sertifikat di Cilacap, Begini Pesan Presiden

CILACAP, KRJOGJA.com - Sebelum mengakhiri kunjungannya ke Cilacap, Presiden Joko Widodo Presiden berkesempatan membagikan 1.500 sertifikat tanah untuk masyarakat Cilacap, dan sekitarnya. 

Presiden berjanji akan mempercepat sertifikasi lahan untuk rakyat demi meminimalisasi konflik atau sengketa lahan di Indonesia. "Kenapa ada sengketa tanah, karena dari 120 juta bidang lahan di seluruh Indonesia baru 40 juta yang disertifikatkan, kurang 80 juta lahan," katanya.

Presiden berpesan kepada masyarakat penerima sertifikat untuk menjaga sertifikat yang telah diterimanya dengan baik. Di samping itu, bagi mereka yang ingin menjadikan sertifikatnya sebagai agunan untuk modal usaha, agar masyarakat berhati-hati dan memperhitungkan dengan cermat kemampuan membayarnya.

Ponirah, warga Jetis, Purbalingga, salah satu penerima sertifikat menyatakan, keinginannya mengagunkan sertifikat itu untuk mendapatkan modal usaha sebesar Rp10 juta. Namun Jokowi tetap berpesan agar Ponirah memperhitungkan dengan baik modal yang akan dipinjamnya ke bank itu dan mengingatkan agar dana tersebut seluruhnya digunakan untuk modal usaha. (Otu/Cha)