Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 25 Februari 2019 / 14:30 WIB

Pengamanan Semakin Ketat! Rutan Salatiga Deklarasi Bersih Narkoba

SALATIGA, KRJOGJA.com - Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Salatiga mendeklarasikan diri bersih dari narkotika, pungutan liar dan handphone di kamar warga binaan, Senin (25/02/2019). 

Kepala Rutan Klas IIB Salatiga, Hero Sulistyono mengatakan deklarasi yang dilakukannya tidak main-main dan bukan sekadar seremonial saja melainkan sikap serius dalam memberantas narkoba dan disiplin di rutan tidak ada pungli dan tidak alat komunikasi (handphone) bebas di warga binaan. 

“Kami siap diperiksa internal maupun eksternal jika ada dan terkait penyalahgunaan maupun peredaran narkotika yang dilakukan atau dikendalikan dari dalam Rutan Salatiga, pungutan liar dan penggunaan handphone oleh warga binaan," tandas Hero Sulistyono kepada wartawan disela-sela acara Deklarasi Rutan Klas II B Salatiga wilayah bersih dari narkotika, pungutan liar dan handphone, Senin (25/2/2019).

Terkait dengan deklarasi ini, ia juga menambahkan pihaknya terus melakukan langkah progresif antara lain melakukan tes urine pegawai rutan dan warga binaan secara berkala, penggeledahan badan dan barang bawaan pengunjung, penggeledahan blok dan kamar hunian secara berkala dan melarang penggunaan peralatan elektronik di dalam kamar hunian. 

Wakil Walikota Salatiga Muh Haris yang hadir pada deklarasi ini berharap, pencanangan ini tidak sekadar kegiatan serimonial semata. Poin yang tertuang dalam isi deklarasi harus benar-benar dilaksanakan.  

“Isi deklarasi jangan dilakukan karena hanya takut sanksi atau hukuman melainkan harus menjadi suatu bentuk pertanggungjawaban kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tandas Wakil Walikota Salatiga. (Sus)