Wisata Editor : Agus Sigit Senin, 25 Februari 2019 / 12:31 WIB

Nasi Goreng Dimasak Mesin Ini Ada Di Jogja, Penasaran?

YOGYA, KRJOGJA.com - Nasi goreng adalah makanan sejuta umat, siapapun pasti menyukainya. Dimasak sendiri atau jajan diwarung tidak bakal bosan dengan kuliner satui ini.

Umumnya, nasi goreng dimasak menggunakan alat wajan diaduk dengan kekuatan tangan (manual). Namun berbeda dengan favoritto the nasi goreng rempah, cara memasaknya diaduk menggunakan mesin. 

Diera serba canggih, Andang Ismail tak ingin ketinggalan memakai cara yang modern seperti saat ini. Menurut Andang, mengggunakan mesin akan memudahkan dan mempercepat pembuatan nasi goreng. Umumnya, pembeli harus menunggu lama bahkan jika antri bisa sampai satu jam. Dengan mesin, cukup dua menit nasi goreng siap dinikmati.

"Cara masaknya, ada dua tahap, pertama kita masak tahap dasar berupa olahan nasi dan telor, itu kita buat diawal. Jadi pas ada pelanggan tinggal di masak lagi sesuai permintaan level pedas, bumbu dan pemilihan daging, dua menit sudah jadi," kata Andang.

Mulanya Andang sendiri penikmat kuliner nasi goreng dan berencana membuka usaha. Para pedagang yang dinamis menggunakan cara tradisional, membuatnya berpikir untuk bisa mengikuti cara yang exstra cepat dan modern. "Terinspirasi dari adonan mixer. Kan cepet tuh cara kerjanya. Kasian kalau liat pelanggan harus nunggu lama," tutur Andang.

Bumbu yang digunakan juga merupakan bumbu-bumbu rempah pilihan. Menurutnya, semua resep makananya tak terlepas diadaptasi dari warung-warung yang memiliki cita rasa pas. Sementara itu, minuman yang dijual juga semuanya berbahan rempah.

Dari pengamatan KRJOGJA.com, nasi goreng milik Andang terlihat lebih keset. Artinya pemakaian minyak yang digunakan tidak bertebihan, selain itu toping dagingnya yang sangat banyak alias tidak pelit.

"Itu juga yang membedakan di warung ini, kami ingin setiap suapan dagingnya enggak abis-abis, jadi mungkin harganya juga cukup beda sama tempat lain," katanya.

Andang mengatakan, Koki atau chefnya cukup memasak dan memasukan bahan-bahan yang sudah ada, karena untuk takaran bahan, sudah diracik oleh Andang sendiri. "Koki kami tidak perlu handal memasak, asal mau serius aja," katanya.

Fovoritto the nasi goreng rempah dijual dengan harga yang berbeda. Untuk nasi goreng sapi Rp. 18000 ribu, kambing Rp. 18000 ribu, ayam Rp. 15000 ribu, kikil Rp. 18000 ribu. Sedangkan menu barunya cumi Rp. 22000 ribu karena masih dalam tahap promo menjadi Rp. 18000 rupiah.  

The Nasi goreng rempah baru berjalan selama lima bulan, tepatnya pada tanggal 20 September 2018. Favoritto the nasi goreng rempah terletak di Jl. Veteran No.115, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Buka setiap hari pukul 17:00-24:00 WIB. (Evi Nur Afiah)