DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 24 Februari 2019 / 23:10 WIB

Pemuda Muhammadiyah DIY Dukung Pemilu Damai Tanpa Hoax

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pemuda Muhammadiyah DIY menggelar Musyawarah Wilayah ke XVII bertempat di SD Muhammadiyah Condongcatur, Minggu (24/2/2019). Dalam kegiatan tersebut Pemuda Muhammadiyah mendeklarasikan dukungan menciptakan pemilu yang damai tanpa hoax sebagai wujud nyata eksistensi menjaga keutuhan NKRI. 

Ketua Pemuda Muhammadiyah DIY Iwan Setiawan mengatakan beberapa waktu belakangan masyarakat dijejali dengan berita-berita hoax yang ingin mengacaukan situasi bangsa. Menurut dia, para oknum sengaja memanfaatkan momen pemilu untuk memecahbelah keutuhan bangsa Indonesia dengan tujuan tertentu. 

“Kami di sini menegaskan bahwa mendukung pemilu damai yang anti hoax. Kami ajak seluruh elemen pemuda Muhammadiyah untuk menjadi pelopor perdamaian di tahun politik dan tidak terpengaruh dengan berbagai isu perpecahan yang disebar oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab jelang Pemilu 2019,” ungkapnya pada wartawan.

Perbedaan pandangan politik menurut Pemuda Muhammadiyah DIY merupakan hal yang wajar dalam proses demokrasi. Karena itu Pemuda Muhammadiyah DIY dinilai wajib mengambil peran menjaga persatuan di tengah perbedaan pandangan politik tersebut. 

“Kami, Pemuda muhammadiyah juga mengajak agar pemilih pemula ikut menggunakan hak pilih dengan mengedepankan hati nuraninya. Berbeda pilihan itu tidak masalah, tapi jangan golput saat pemilu nanti,” sambungnya. 

Sementara Direktur Intelkam Polda DIY, Kombespol Nanang Juni Mawanto yang juga hadir dalam deklarasi tersebut turut menyampaikan harapan langkah Pemuda Muhammadiyah DIY bisa menjadi inspirasi elemen masyarakat lainnya untuk melakukan hal serupa. “Harapan kami tentu bukan hanya Pemuda Muhammadiyah saja, tapi seluruh elemen masyarakat bisa ikut serta mensukseskan pemilu yang damai, sejuk dan aman. Kita tidak hanya memilih pemimpin nasional tapi juga di daerah sehingga harapannya keinginan untuk Indonesia maju bisa tercapai,” tandasnya. (Fxh)