Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 23 Februari 2019 / 23:11 WIB

Glamping De'Loano, Sebuah Petualangan Mewah

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Seperti pada tulisan sebelumnya, Badan Otorita Borobudur (BOB) membangun Glamorous Camping (Glamping) De'Loano di Desa Sedayu, Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo. De'Loano menyasar kaum milenial yang memiliki mobilitas tinggi namun kantongnya tidak begitu tebal.

Seperti namanya, glamping adalah tempat camping atau berkemah. Sebagai tempat kempingnya para milenial, destinasi baru itu jauh dari kesan kotor, namun tetap memberi sensasi petualangan bagi pengunjungnya.
Hanya di glamping wisatawan dapat berkemah tanpa menanggalkan perhiasan dan segala keglamoran hidup mereka. "Konsep De'Loano serupa juga dengan Orchid Forest di Lembang Bandung, sama-sama menyasar milenial dan para nomadic," ungkap Direktur Utama BOB Indah Juanita, belum lama ini.

BOB membangun tenda eksklusif pada lahan seluas 1,3 hektare milik Perum Perhutani. Bukan sembarangan, tenda keren yang interiornya setara kamar hotel itu dijamin tidak akan bocor ketika hujan. 
Tenda dilengkapi kasur empuk dan selimut tebal untuk menangkal dinginnya hawa Perbukitan Menoreh. Wisatawan tidak perlu khawatir bakal kotor selama di glamping karena jalan antartenda, menuju restoran atau kamar mandi publik, dibuat dari susunan bambu dan kayu. 

Selain tenda, terdapat semi outdoor restaurant, semi outdoor cinema, seating spot, tempat pertunjukan, spot foto, toilet dan pusat informasi wisata. "Generasi milenial yang menyukai petualangan pasti jatuh cinta dengan De'Loano," tegasnya.
Glamping De'Loano diakses lewat objek wisata Nglinggo di Desa Pagerharjo Samigaluh Kulonprogo. Begitu sampai parkir, pengunjung tinggal melanjutkan jalan kaki pada trek yang disediakan. Wisata petualangan itu juga dapat diakses dengan mobil offroad.

Selain glamping, BOB juga mengembangkan destinasi pendukung yakni Pasar Menoreh di Desa Sedayu. Pasar digital tersebut buka setiap Minggu sore dan menjajakan aneka hasil bumi, makanan dan kerajinan masyarakat setempat.

Glamping De'Loano dan Pasar Menoreh jadi kombinasi yang pas. Malamnya camping, pagi berpetualangan di kawasan hutan pinus atau kebun teh, nah siangnya hingga sore menikmati kuliner khas sekaligus beli oleh-oleh di Pasar Menoreh. Mau semalam atau bermalam-malam nge-glamping, sepertinya tidak akan bosan karena De'Loano memberi petualangan sekaligus kemewahan bagi pengunjungnya.(Jas)