Jateng Editor : Ivan Aditya Jumat, 22 Februari 2019 / 23:59 WIB

30 Persen Pejabat di Cilacap Masih Merokok

CILACAP, KRJOGJA.com - Kendati sudah ada larangan merokok di sembarang tempat,  khususnya di ruang kerja di lingkungan kantor di Cilacap, namun ternyata  masih ada 30 %  pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap yang tetap merokok. Kampanye anti rokok di Cilacap telah dilakukan dengan pendekatan personal dan memberikan contoh secara langsung, baik oleh Bupati, Wakil Bupati maupun Sekda.

“Sejak penerbitan Surat Edaran Bupati terkait Kawasan Tanpa Rokok masih ada sekitar 30 persen pejabat yang merokok di lingkungan Pemkab Cilacap. Yang 60 persen sudah berhenti,” ungkap Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman usai mengikuti talkshow bertema ‘Kiat Berhenti Merokok’ di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Jumat (22/02/2019).

Direktur RSUD Cilacap dr Pramesti Griana Dewi, mengatakan sebagai penyelenggara talkshow tersebut jika kegiatan itu sebagai implementasi Surat Edaran Bupati Cilacap tentang Penegakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Untuk berbagi kiat berhenti merokok dan penegakan peraturan daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), pihaknya mengundang Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo yang juga sebagai Ketua Aliansi Kepala Daerah Peduli Tanpa Rokok Indonesia dan artis film dan sinetron, Fuad Baradja.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga mengawali rangkaian bakti sosial menyambut Hari Jadi ke-163 Kabupaten Cilacap. Sedang rangkaian bhakti sosial RSUD lainnya, operasi katarak dan bibir sumbing. Kegiatan itu melibatkan pula  PMI Kabupaten Cilacap, tim dokter ahli mata dari Perdami dan dokter plastik Surabaya. (Otu)