DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 23 Februari 2019 / 00:45 WIB

Pengelolaan Parkir Beskalan Libatkan Pihak Ketiga

YOGYA, KRJOGJA.com - Pembangunan kantong parkir di Beskalan yang terhubung dengan gedung sentra PKL eks Bioskop Indra sudah selesai. Kantong parkir yang dibangun di atas lahan seluas 1.148 meter persegi tersebut memiliki kapasitas sekitar 300 sepeda motor dan 20 mobil. Guna mendukung kenyamanan bagi pengunjung di Kawasan Malioboro, Dinas Perhubungan DIY menargetkan operasional kantong parkir Beskalan bisa dilakukan pada pertengahan tahun.

"Sebenarnya secara fisik pembangunan parkir Beskalan sudah selesai dan bisa digunakan. Namun untuk pengelolaan sampai saat ini belum ada tenaga untuk parkir, jadi rencananya akan kami serahkan pada pihak ketiga. Saat ini proses appraisal berkaitan dengan itu sedang dilakukan. Appraisal tersebut dilakukan untuk menentukan perkiraan pendapatan yang diperoleh dari parkir Beskalan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Sigit Sapto Raharjo.

Menurut Sigit, hasil dari appraisal tersebut nantinya menjadi dasar untuk lelang. Setelah proses appraisal selesai dilakukan akan segera ditindaklanjuti dengan lelang, sehingga semua tahapannya bisa benar-benar objektif dan transparan.

"Terus terang untuk pengelolaan parkir Beskalan tidak mungkin dikelola sendiri, oleh karena itu kami sepakat melibatkan pihak ketiga. Mudahmudahan saja baik appraisal maupun proses lelangnya bisa lancar, sehingga parkir Beskalan bisa segera dioperasionalkan," ungkap Sigit.

Sementara itu, saat dimintai tanggapan terkait masih ditemukannya parkir-parkir liar dengan tarif yang mahal. Sigit mengungkapkan, sebenarnya kewenangan untuk melakukan penertiban berkaitan dengan itu lebih banyak ada di kabupaten/kota.

Kendati demikian, bukan berarti pihaknya bersikap pasif. Karena untuk mengatasi sejumlah problematika perparkiran yang ada di DIY, Dinas Perhubungan DIY terus melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait, termasuk kabupaten/kota. (Ria)