DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 22 Februari 2019 / 18:30 WIB

Tingkatkan Potensi Desa, Rawa Kali Bayem Terus di Poles

BANTUL, KRJOGJA.com - Berada diantara Dusun Sonopakis dan Pedukuhan XII Sidorejo Desa Ngestiharjo  Kecamatan Kasihan Bantul Rawa Kali Bayem tidak bisa dipisahkan dari tonggak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya itu, rawa tersebut merupakan bagian terpenting masa kepemimpinan Hamengku Buwono I dan II.  Bahkan pada masa itu Rawa Kali Bayem merupakan sumber air bagi Kerajaan Mataram. 

Menyadari pentingnya Rawa Kali Bayem sebagai aset pemerintah, Bupati Bantul Drs H Suharsono secara khusus meninjau Rawa Kali Bayem, Jumat (22/2/2019).  Bupati didampingi Camat Kasihan Susanto, Kapolsek Kasihan Kompol Tarwoco, Lurah Ngestiharjo Fathoni Ari Bowo. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penebaran benih ikan dan menanam pohon di Rawa Kali Bayem.

"Pada tahun 1948 Rawa Kali Bayem ini dijadikan lokasi melakukan ujicoba kapal selam pertama milik Indonesia, bahkan Presiden Soekarno waktu itu juga hadir di sini," ujar Lurah Ngestiharjo Kasihan Bantul, Fathoni Ari Bowo disela mendampingi Bupati Bantul Suharsono.   
Sekarang ini, dokumen proses uji coba kapal selam oleh Presiden Seokarno tersebut masih tersimpan di Museum Angkatan Laut Surabaya serta  didokumentasikan Dinas Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta. Sementara bukti jika Rawa Kali Bayem sebagai Pesanggrahan masa HB I , II serta HB VII juga tersimpan ditempat sama. 

Fathoni mengatakan, tahun ini Rawa Kali Bayem sudah mulai dibangun. Disisi barat akan dibangun pondok seniman dan pemuda atau lokasi untuk bertemunya  seniman di Ngestiharjo dan sekitarnya.  Sedang di sisi timur bakal dirancang dibangun wana desa dengan pohon keras sekaligus sebagai pusat edukasi.  Tidak hanya itu, ditengah rawa akan dibangun ikon serta repplika kapal selam yang diujicobakan Presiden Soekarno.  "Kami juga membangun panggung kecil yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar pentas setiap Minggu bagi setiap dusun," ujarnya.

Bupati Bantul Drs H Suharsono mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya dengan program pengembangan Rawa Kali Bayem. Menurutnya ,jika dikelola dengan baik lokasi tersebut sangat menjanjikan  yang mampu menggerakkan denyut perekonomian warga.(Roy)