DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 22 Februari 2019 / 16:20 WIB

Banyak Desa Wisata, Kita Beruntung Punya Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com - Daerah Istimewa Yogyakarta bukan hanya kota pariwisata, kota perjuangan atau kota mahasiswa. Tetapi juga kota yang penuh kreativitas. 

"Jadi kita beruntung punya Yogya," kata Anwar Sanusi PhD, Sekjen Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ketika bicara dalam rapat kerja Balai Besar Latihan Masyarakat di Hotel Harper Yogya, Jumat (22/2/2019). Raker diikuti peserta dari wilayah Jawa serta Bali. 

Saat ini desa didorong agar mampu melakukan inovasi dan kreasi. Dan Yogya telah banyak melalukan inovasi. Di Yogya banyak desa wisata yang mampu mengurangi angka pengangguran atau kemiskinan. 

Tampil juga sebagai pembicara FX Nugroho NS MSi, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Octo Lampio MPd Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat dan M Aminuddin Farikh kasubdit Koperasi dan UMKM. 

Nugroho dalam kesempatan itu mengatakan seiiring munculnya Bumdes justru menambah semangat pertumbuhan perekonomian desa. Bumdes bukan untuk melawan ekonomi rumah tangga.

Sementara Octo manambahkan di jaman sekarang, internet membantu pertumbuhannya dalam upaya digitalisasi industri 4.0. Ini membuat pola komunikasi lebih baik. Sedang Aminudin bahwa warga dituntut inovasi untuk memajukan daerahnya melalaui wadah yang telah tersedia, seperti balai latihan. (Ioc)