Olahraga Agregasi    Jumat, 22 Februari 2019 / 17:56 WIB

Setelah 24 Tahun, Balapan MotoGP Kembali ke Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia dipastikan akan menjadi bagian dalam kajuaraan balap motor paling bergengsi sedunia, MotoGP. Pasalnya, pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sport, telah memberikan izin kepada Indonesia untuk ikut serta menggelar balapan MotoGP 2021. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer.

Kendati begitu, perlu diketahui bahwa ini bukan pertama kalinya bagi Indonesia ikut serta dalam kejuaraan balap motor grand prix. Pada musim balap 1996 dan 1997, Indonesia telah dipercaya menjadi tuan rumah untuk menghelat balap motor grand prix di semua kelas, yakni 125cc, 250cc, dan 500cc.

Adapun lintasan yang digunakan untuk menyelenggarakan balapan pada saat itu adalah Sirkuit Sentul. Pada gelaran grand prix Indonesia 1996, Mick Doohan tampil sebagai pemenang di kelas 500cc. Kala itu, kelas 500cc merupakan yang tertinggi lantaran kejuaraan tersebut belum menggunakan nama MotoGP. Sedangkan, pemenang di kelas 250cc adalah Tetsuya Harada, dan Masaki Tokudome di kelas 125cc.

Sementara itu, pada gelaran grand prix Indonesia 1997, Tadayoki Okada menjadi yang tercepat di kelas 500cc, Max Biaggi di kelas 250cc, dan Valentino Rossi di kelas 125cc. Sayangnya, setelah itu krisis moneter melanda Asia, dan Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena imbas paling besar. Tak ayal, hal itu memberikan efek domino, termasuk tidak diselenggarakannya lagi gelaran balap motor grand prix di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Indonesia telah berbenah untuk menyiapkan diri kembali menggelar balapan paling besar di dunia. Abdulbar M. Mansoer mengkonfirmasi bahwa Dorna Sports telah sepakat untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu penyelenggara balapan MotoGP 2021. Balapan tersebut nantinya akan dilangsungkan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). (*)