Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 22 Februari 2019 / 15:31 WIB

Unicorn Baru Indonesia Ada di Dua Bidang Ini

DUA sektor bidang usaha di Indonesia siap menjadi unicorn baru. Unicorn adalah perusahaan start up dengan valuasi di atas USD 1 miliar. 

"Di ASEAN ada 7 unicorn, 4 ada di Indonesia. Dan Pak Presiden itu mengharapkan bahwa unicorn ini bertambah tidak hanya empat. Dan saya sudah melihat 2 atau 3 lagi yang potensi jadi unicorn," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di UGM, Jumat (22/2/2019).

Airlangga mengatakan, kedua sektor tersebut antara lain virtual reality dan bidang pendidikan. Kedua sektor ini disebut sudah memiliki akses kepada Silicon Valey di Amerika Serikat (AS). 

"Satu virtual reality, satu lagi di bidang pendidikan. Dua duanya sudah punya akses ke silicon valey. Dan beberapa menteri negara-negara lain datang untuk belajar terhadap apa yang dikembangkan di Indonesia," kata dia. 

Dalam pelibatan teknologi dalam ekonomi, Indonesia telah melahirkan empat unicorn, yaitu GoJek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak. Hal ini pun membuat Indonesia menjadi negara dengan jumlah unicorn terbanyak di ASEAN.(*)