DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 22 Februari 2019 / 12:42 WIB

Hujan Lebat, Waspadai Pohon Besar Rawan Tumbang


BANTUL, KRJOGJA.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul Drs Dwi Daryanto MSi, mengingatkan kepada warga Bantul agar tetap hati-hati dan waspada terhadap kondisi
alam. Diprediksi selama Februari hingga Maret 2019 masih bisa terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Hal ini bisa mengakibatkan tumbangnya pepohonan maupun mengakibatkan rusaknya rumah penduduk.

Karena itu, Dwi Daryanto mengimbau kepada warga di wilayah yang banyak pohon besar perlu upaya antisipasi. Terutama dengan melakukan penebangan atau pemangkasan pohon yang ada di dekat rumah, di pinggir jalan maupun di tempat yang rawan lainnya. "Agar saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang tidak terjadi pohon tumbang," katanya, Kamis (21/2).

Sementara pada Rabu (20/2) sore terjadi pohon tumbang di beberapa wilayah. Di Pedukuhan Gempolan Wetan Trirenggo Bantul pohon mlinjo tumbang menimpa rumah penduduk. Kejadian tersebut segera terkondisi setelah ada pengerahan anggota Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Trirenggo dibantu Sultan Agung Rescue, Tagana dan warga setempat.

Sementara di Karangjati Jetis Tamantirto Kasihan pohon munggur berdiameter 40 centimeter tumbang dan menutup akses jalan, dan segera diatasi FPRB Tamantirto. Hari sebelumnya, rumah Suwardi di Cegokan Wonolelo Pleret sebagian tertimbun tanah longsor. Kemudian di Sribitan, Kalirandu dan Ngentak Bangunjiwo, puluhan pohon juga tumbang setelah diterjang angin kencang. Ketua II FPRB Kabupaten Bantul Setiyo, mengatakan semua kejadian tersebut dapat dikondisikan jajaran FPRB di masing-masing wilayah dan tidak menimbulkan korban jiwa. (Jdm)