DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 22 Februari 2019 / 10:39 WIB

Tiga Mentri Jokowi Terima Herman Johannes Award

SLEMAN, KRJOGJA.com - Tiga mentri Kabinet Kerja, Airlangga Hartanto (Mentri Perindustrian), Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan) dan Retno LP Marsudi (Menteri Luar Negeri) mendapat penghargaan dari Fakultas Teknik UGM. 

Penghargaan bertajuk Herman Johannes Award 2019 tersebut diberikan lantaran ketiganya dinilai memiliki konsern dan berdedikasi dalam bidangnya masing-masing.  Pemberian Herman Johannes Award 2019 dibarengkan dengan peringatan Hari Pendidikan Teknik ke-73 Jumat (22/2/2019) di Grha Sabha Pramana yang mengambil tema Membangun Kedaulatan Teknologi di Era Disrupsi. Airlangga Hartarto menjadi tokoh utama kali ini yang memberikan pidato ilmiah terkait industri 4.0 saat ini. 

Prof Nizam, Dekan Fakultas Teknik UGM mengatakan pemberian award pada ketiganya memiliki alasan tersendiri yang cukup kuat bukan lantaran posisi strategis yang diduduki saat ini. Menurut Nizam, ketiga mentri tersebut dinilai sebagai tokoh nasional yang berperan dalam pembangunan bangsa melalui ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. 

“Salah satu inisiator Herman Johannes Award ini pada 2003 lalu yakni Airlangga Hartarto menjadi peraih award ini di tahun 2019. Bapak Airlangga Hartarto dan Bapak Budi Karya Sumadi serta Ibu Retno LP Marsudi dinilai oleh para panelis punya peran besar dalam bidang industri, bidang transportasi dan bidang diplomasi luar negeri,” ungkap Nizam. 

Diakui Nizam, semangat Prof Herman Johannes yang mendedikasikan hidup untuk membangun kedaulatan Indonesia melalui penelitian yang dihasilkannya. “Semangat itulah yang hendak ditularkan lebih luas lagi melalui Herman Johannes Award,” sambung Nizam. 

Airlangga yang mendapat award menyampaikan terimakasih lantaran akhirnya ia mampu menerima penghargaan tersebut meski harus menanti 13 tahun. “Saya sangat berterimakasih, meski harus menunggu 13 tahun untuk mendapat penghargaan ini, sekali lagi saya sampaikan terimakasih,” terangnya. 

Sementara satu tokoh lain yang mendapat penghargaan yakni almarhum Prof Sedijatmo Atmohoedojo yang berperan dalam kontstruksi terapan. Sosok Prof Sedijatmo adalah penemu konstruksi cakar ayam yang masih terus digunakan saat ini. 

Tahun 2018 lalu, dua menteri juga mendapat Herman Johannes Award yakni Susi Pudjiastuti dan Basuki Hadimuljono atas dedikasi di bidang masing-masing. Pemberian award tersebut diharapkan menjadi pelecut insan Indonesia untuk bekerja dalam dedikasi demi memajukan bangsa. (Fxh)