Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 22 Februari 2019 / 02:50 WIB

Semakin Ketat! Rutan Temanggung Bersih dari Ponsel, Pungli dan Narkoba

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Temanggung deklarasikan bersih dari ponsel, pungli dan narkoba, sebagai bentuk pelayanan terbaik pada masyarakat dan penegakkan hukum, Kamis (21/2/2019).

Deklarasi dilakukan di lapangan bendera rutan tersebut. Isi deklarasi antara lain menolak segala bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba, memberantas handphone pungutan liar dan narkoba di lingkungan rutan, serta siap untuk diaudit dan investigasi pihak internal dan eksternal.

Kepala rutan kelas IIB Temanggung Bambang Wijanarko mengatakan deklarasi selain sebagai   implementasi perintah Dirjen Pemasyarakatan, juga sebagai keharusan dalam pelayanan terbaik bagi masyarakat. "Di Jateng baru Temanggung dan Purworejo yang deklarasi," katanya.

Dia mengatakan tiap hari secara acak lakukan razia kamar dan secara rutin tiap minggu razia kamar rutan untuk menemukan benda-benda yang dilarang seperti narkoba, ponsel dan pungli.

Dia mengatakan secara sistem, rutan sudah melengkapi berbagai fasilitasi, seperti angkringan telpon khusus rutan pemasyarakatan yang dipantau secara manual dan teknologi, serta penggunaan uang non tunai. "Deklarasi sebagai bukti rutan Temanggung sedang transformasi, dalam reformasi birokrasi," katanya.

Dia berharap stakeholder rutan menjadi mitra yang baik dengan memberi kritik dan sasaran agar melayani masyarakat Temanggung yang terbaik. (Osy)