Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Kamis, 21 Februari 2019 / 18:50 WIB

Membangun Pengusaha Milenial, Polbangtan Yoma Gandeng PT Naturindo Fresh

YOGYA, KRJOGJA.com - Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA), terus menunjukkan komitmennya dalam membangun pengusaha millenial di era industri 4.0. Hal ini dibuktikan dengan menggandeng PT Naturindo Fresh, sebuah perusahaan herbal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Polbangtan YOMA ingin membekali mahasiswa dengan wawasan dan ketrampilan, khususnya dalam pengolahan dan pemasaran produk biofarmaka.  

Hal ini sesuai dengan tujuan Program Studi Agribisnis Hortikultura, yang saat ini sedang dikembangkan di Polbangtan YOMA yaitu untuk mencetak pengusaha muda di bidang biofarmaka. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa tidak hanya dalam hal budidaya tanaman obat, namun juga bagaimana mengelola perusahaan yang memproduksi produk herbal, yang saat ini mulai meningkat permintaannya.

Kegiatan tersebut, akan dilakukan oleh mahasiswa dengan cara pemagangan dan praktek kerja lapangan (PKL), setiap semester. Selain itu, juga akan dilakukan pengembangan ketrampilan mahasiswa di dalam kampus dengan mengundang praktisi dari PT Naturindo Fresh.  Direktur Polbangtan YOMA, Dr. Rajiman, SP.,MP, mengatakan, ruang lingkup kerjasama terdiri dari pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan model pembelajaran Teaching Factory (TEFA).

"Dengan dikemas melalui metode pembelajaran TEFA, mahasiswa akan dilibatkan dalam kegiatan industri biofarmaka, sehingga mereka akan memperoleh pengalaman industri yang nantinya mampu membekali mereka dengan kompetensi sesuai dengan yang diharapkan," ungkap Dr Rajiman.

Sementara itu, menurut salah satu dosen Program Studi Agribisnis Hortikultura minat biofarmaka, R. Hermawan, SP.,MP mengungkapkan bahwa, kerjasama ini akan mempunyai dampak positif bagi Polbangtan YOMA karena mahasiswa dapat langsung didampingi oleh perusahaan atau industri terkait. 

"Mahasiswa akan ditangani langsung oleh pengajar profesional dari Polbangtan YOMA dan Praktisi Industri dari PT. Naturindo Fresh, sehingga mereka akan dapat pengalaman yang menarik dan komplit terkait usaha biofarmaka," ungkap dosen yang juga sebagai anggota tim kerjasama Polbangtan YOMA.

Dalam penerapan kerjasama ini, kegiatan akan dilaksanakan di dalam dan di luar kampus. Untuk di dalam kampus, Polbangtan YOMA akan menggunakan kebun produksi TEFA di Sempu. Sedangkan untuk pelaksanaan di luar kampus, maka mahasiswa akan dibawa ke unit produksi milik PT Naturindo Fresh. 

Menurut Ketua TEFA Polbangtan YOMA, Kodrad Winarno, S.TP., M.AgriCom, kerjasama semacam ini mampu mengakselerasi pengembangan TEFA in campus. "Sharing pengalaman yang dimiliki PT Naturindo Fresh dalam mengembangkan perusahaan biofarmaka dari hulu sampai hilir kepada TEFA Polbangtan YOMA, akan berdampak positif dalam kami menerapkan TEFA ke depan," ungkap Kodrad. Selanjutnya Polbangtan YOMa dan PT Naturindo Fresh akan memformulasikan pelaksanaan kegiatan bersama, yang nantinya akan melibatkan mahasiswa di setiap semester.(*)