Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 21 Februari 2019 / 19:05 WIB

Suku Bunga Acuan BI Dipertahankan 6 Persen

JAKARTA, KRJOGJA.com - Tingkat suku bunga acauan Bank Indonesia BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR)  tetap dipertahankan pada level  6 persen dan  suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25 persen dan suku bunga Lending Facilitysebesar 6,75 persen. 

"BI 7 Repo Rate dipertahankan untuk memperkuat stabilitas eksternal, khususnya untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dalam batas yang aman dan mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik," kata Gubernur  Bank Indonesia, Perry Warjiyo, di Jakarta, Kamis (21/2).

Dikatakan,  ke depan, BI  terus menempuh strategi operasi moneter untuk meningkatkan ketersediaan likuiditas dalam mendorong pembiayaan perbankan.
Serta  akan menempuh kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan penguatan kebijakan sistem pembayaran dalam rangka memperluas pembiayaan ekonomi.

"Koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait juga terus dipererat untuk mempertahankan stabilitas ekonomi guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi ke depan," katanya.

Menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi, Perry mengatakan, pertumbuhan ekonomi dunia melambat disertai dengan berkurangnya ketidakpastian pasar keuangan global. Pertumbuhan ekonomi AS melambat dipengaruhi oleh terbatasnya stimulus fiskal, permasalahan struktural tenaga kerja, dan menurunnya keyakinan pelaku usaha. (Lmg)