DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 21 Februari 2019 / 14:09 WIB

Iklan Kampanye Baru Boleh Tayang Mulai 24 Maret

YOGYA, KRJOGJA.com - Jelang pelaksanaan pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerapkan sejumlah aturan terkait kampanye termasuk soal iklan di media massa. Iklan kampanye baru diperbolehkan tayang mulai 24 Maret - 13 April 2019.

Ketenutan soal iklan yakni untuk cetak sebanyak 800 kolom sebelum masa tenang, televisi 10 spot 30 detik setiap hari, radio 10 spot 60 detik. Unutk banner yakni 60 mm x 35 mm dan media sosial dengan durasi 30 detik.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan media sosial resmi didaftarkan sebagai wadah iklan kampanye, asalkan dengan mengikuti syarat yang berlaku. Aturan yang diberikan kepada media sosial meliputi, materi kampanye tidak dilarang berdasarkan undang-undang tentang larangan kampanye dan tidak menggunakan hoax.

“Media sosial yang berkampanye juga harus menggunakan akun resmi. Kami berterimakasih kepada Kominfo sudah membantu kami untuk men’take down’ akun-akun yang tidak resmi di seluruh Indonesia," kata Hamdan Kurniawan dalam workshop bertajuk ‘Masyarakat Pers Mengawal Pemilu yang Demokratis dan Bermartabat’ yang digelar Kemenkominfo di The Alana Hotel and Convention Center, Kamis (21/02/2019).

Hamdan Kurniawan menambahkan akun media sosial yang resmi ikut diawasi secara resmi oleh KPU berserta media massa lainnya. Selain itu peserta pemilu juga boleh menambahkan jumlah APK secara mandiri sesuai aturan yang ditentukan.

Sejauh ini KPU masih melarang para peserta pemilu untuk melakukan iklan kampanye sebelum tanggal 24 Maret 2019. Meskipun faktanya saat ini ruang kampanye sudah berjalan sejak 6 bulan lalu, namun KPU tetap mengingatkan dan mengimbau untuk seluruh peserta menaati aturan yang dibuat.

“Keamanan pemilu akan tercipta oleh semua kalangan. Oleh karenanya semua masyarakat dan termasuk media harus bisa memberikan hal positif untuk memberikan informasi yang baik jelang pemilu serentak 2019,” tegasnya. (Evi Nur Afiah)