Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 21 Februari 2019 / 14:47 WIB

UNS Buka Pusat Bahasa Mandarin

SOLO, KRJOGJA.com - Kehadiran Confusius Institute atau Pusat Bahasa Mandarin menandai peringatan dies natalis 43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Peresmian Pusat Bahasa Mandarin akan dilakukan pada puncak peringatan dies pada 11 Maret mendatang.

Dalam peresmian direncanakan dihadiri Duta Besar Tiongkok, Rektor Xihua University China, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Muhajir Effendy. Demikian rektot UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS menjelaskan kepada wartawan, Rabu (20/2).

UNS merupakan perguruan tinggi ketujuh di Indonesia yang memiliki Confusius Institute. Confusius Institute didirikan atas kerjasama UNS dengan Xihua University China. Tujuannya untuk memperkuat pengembangan komunikasi dan pendidikan Bahasa Mandarin di Jawa Tengah.

Dies Natalis tahun ini memilih tema Pembangunan SDM Berbasis Inovasi Menuju Otonomi Perguruan Tinggi. Tema ini diambil  terkait persiapan memasuki masa transisi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). UNS membutuhkan kesiapan SDM yang mampu berinovasi sesuai bidang masing-masing.

Prof Ravik berharap status PTNBH segera turun menjelang masa berakhiinya jabatan rektor. "Jadi rektor baru nanti dalam dua tahun akan menjalani masa transisi. (Qom)