DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 21 Februari 2019 / 12:35 WIB

Wow! Kerajinan Mozaik Kaca Timur Tengah Ini Buatan Orang Bantul

BANTUL, KRJOGJA.com - Kreatifitas Suyanto B.E warga Dusun Semoyan, RT 02, Desa Singosaren, Kecamatan Banguntapan, Bantul patut menginspirasi ditengah perkembangan industri kreatif saat ini. Dirinya 'menyulap' limbah kaca menjadi produk kerajinan yang elegan.

Belasan kerajinan mosaik hasil karya Suyanto terpampang indah menyedot perhatian pengunjung Jogja Expo Center. Mulai dari tempat pensil, tempat tisu, jam dinding, tempat gelas, pigura kaligrafi, pigura foto, tempat sabun, tempat tisu, alas gelas, bingkai cermin, mosaik wall hingga vas bunga.

Kerajinan seni yang diadaptasi dari Maroko Timur Tengah ternyata hasil otodidak Suyanto untuk berinovasi mandiri. Mulanya pria yang akrab disapa Yanto sudah bekerja membuat kaca dinding di tempat dia bekerja. 

"Suami saya awalnya kerja di luar bikin kaca juga, terus keluar belajar otodidak bikin-bikin kerajinan kaya gini," kata istri Suyanto.

Karya pertama yang dibuat oleh keluarga Suyanto adalah mirror frame ukuran 40x60. Melihat bahan limbah masih tersisa, dia mencoba memanfaatkanya lagi membuat hiasan dinding hingga tempat sedotan air mineral yang sangat kecil.

"Semuanya kepake, enggak ada yang sisa dari potongan kaca yang paling kecil masih bapak buat produk lain," katanya

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat karya seperti mozaik tersebut menggunakan limbah kaca, semen putih, triplek, kayu dan cat kaca. Produk seni kriya dibandrol dengan harga yang sangat beragam, harga mozaik yang ditawarkan mulai dari Rp. 75000-jutaan rupiah.

Anda penasaran? Stand surya citra mozzaic ini terletak pameran kriya JEC diseputar kawasan miniatur Benteng Vradeberg. (Evi nur Afiah)