DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 21 Februari 2019 / 11:35 WIB

Wuih..Bangunan Ikonik Jogja Kumpul di Pameran Kriya di JEC, Penasaran?

BANTUL, KRJOGJA.com - Bangunan ikonik Yogyakarta seperti Ngejaman, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Monumen SO 1 Maret, Kantor Pos, Bank Indonesia, Benteng Vendenburg hingga jembatan sayidan menghiasi pameran seni kriya di Jogja Expo Center (JEC). Pameran ini digelar berbarengan dengan Jogja Halal Food Expo 2019 di Hall A, JEC pada 20 – 24 Februari 2019. 

Konsep cerdas pameran seni kriya sengaja dibuat dengan tematik menyerupai kota Yogjakarta, sehingga para pengunjung akan merasakan atmosfer pameran yang berbeda. Ketika masuk ruang pameran, pengunjung masuk lewat Plengkung Wijilan yang menyambut hingga plengkung gading dipintu keluar. Para pengunjungpun bisa berbelanja ataupun sekedar selfie di spot foto yang disediakan.


Guntur wahyu Anggoro selaku Kasi Pengembangan Ekspor Disperindag DIY sekaligus panitia pameran seni kriyamengatakan Konsep replika bangunan ini sudah disusun sebelum pelaksanaan Jogja Heboh berlangsung. Dengan alokasi dana hingga Rp. 900 juta rupiah diharapkan konsep seperti ini dapat menarik minat pengunjung dan meningkatkan ekspor kriya dari Yogyakarta.

"Nah inilah, karena seni kriya kita menuntut kratifitas termasuk dekor-dekornya. Kita harus bisa memberi kreasi," tuturnya.  

Sebelumnya mengikuti pameran, peserta dari UKM dilakukan proses seleksi terlebih dahulu hingga terpilih sebanyak 80 stand seni kriya yang terdiri dari fashion, craft, dan seni kriya lainnya.

Dalam acara pameran seni kriya, sengaja memanjakan para pengunjung baik dari masyarakat lokal maupun luar dengan meniadakan biaya masuk alias gratis.  (Evi nur Afiah)