Olahraga Editor : Agus Sigit Rabu, 20 Februari 2019 / 21:32 WIB

Sempat Terhenti 24 Menit

Borneo FC Hentikan Langkah PSS Sleman di Piala Indonesia

SLEMAN, KRJOGJA.com - Langkah PSS di Piala Indonesia terhenti di tangan Borneo FC Rabu (20/2/2019). Bermain tanpa gol di Stadion Maguwoharjo, PSS terhenti karena kalah agregat 0-1 atas tim dari Kalimantan Timur tersebut. 

Baru memasuki menit keenam, pertandingan terpaksa dihentikan wasit Iwan Sukoco. Sidik Saimima dihadiahi kartu merah meski kemudian diketahui diakui salah mengambil kartu kuning dan baru sejurus kemudian memberikan kartu merah. 

Sidik yang tak merasa mendapat dua kartu kuning yang berarti kartu merah dan harus keluar tetap bersikeras berada di dalam lapangan. Sementara wasit Iwan Sukoco juga berkeras si pemain harus keluar karena ia telah menghukum dengan kartu merah. 

Jadilah pertandingan terhenti cukup lama, hingga 24 menit. Keputusan mengagetkan pun akhirnya diambil untuk menghentikan kondisi tersebut di mana Wahyudi Hamisi gelandang Borneo yang terlibat friksi dengan Sidik juga diberikan kartu merah dan diminta keluar. 

Wahyudi sempat tak puas dan emoh keluar lapangan. Kekecewaan terasa lantaran ia tak merasa melakukan pelanggaran namun dipaksa meninggalkan lapangan demi permainan yang bisa terus berjalan karena sebelumnya PSS mengancam mogok bermain jika Sidik dikeluarkan. 

24 menit pertandingan terhenti sebelum dilanjutkan kembali oleh wasit. Masing-masing tim kini sama-sama bermain dengan 10 orang setelah Wahyudi dan Sidik keluar dikartu merah. 

Pertandingan sisa babak pertama pun terlihat cukup monoton. Borneo coba membongkar pertahanan PSS yang cukup rapat digalang duet Ikhwan Ciptady dan Asyraq Gufron. Sementara tuan rumah banyak menunggu dan melakukan serangan balik mengandalkan kecepatan trio Haris Tuharea, KH Yudo dan Rangga Muslim. 

Tiga shot on goal diciptakan PSS sementara tamu tak cukup produktif mencipta peluang di paruh pertama. Skor sama kuat 0-0 menutup babak pertama. 

Di babak kedua area permainan kedua kesebelasan berubah. PSS yang butuh gol mulai berani melakukan pres di atas dan beberapa kali menciptakan peluang. 

Sementara Borneo kali ini lebih banyak menunggu. Terens Puhiri ditarik keluar digantikan Wildansyah yang sebenarnya berposisi sebagai bek untuk memperkuat lini tengah. 

Borneo sempat mencipta peluang melalui Lerby Eliandry memanfaatkan umpan Amrizal Umanailo yang masih menyamping. PSS kemudian membalas melalui KH Yudo yang sayang sepakan mendatar usai mengelabuhi bek lawan hanya menyamping tipis di kanan gawang Borneo. 

Tak banyak peluang tercipta setelah itu karena kedua tim tampak sama-sama kepayahan mencapai kotak penalti. Pertandingan pun berakhir dengan skor kacamata dengan Borneo yang dipastikan lolos ke babak delapan besar unggul agregat 1-0. (Fxh)