Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 21 Februari 2019 / 15:09 WIB

Program Pembangunan Dorong Partisipasi Masyarakat

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH meminta kepada seluruh jajaran birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan.

”Ada kegiatan pembangunan yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah, namun juga ada yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat. Ini yang harus diperhatikan,” kata Yuli Hastuti, Rabu (20/2).

Dalam Forum Perangkat Daerah Setda Purworejo dalam rangka penyusunan rencana kerja  2020 yang berlangung di ruang Arahiwang Kantor Bupati setempat, Yuli Hastuti menandaskan, Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) merupakan dokumen perencanaan rerangkat daerah untuk periode satu tahun yang memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan.

”Kita semua tentu menginginkan agar pelaksanaan kegiatan pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan pada tahun 2020 akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Maka kita semua harus berupaya secara optimal dan sungguh-sungguh, agar apa  yang kita harapkan bisa terwujud secara nyata,” tandasnya.

Menurutnya, perencanaan merupakan suatu tahapan yang penting dalam menjalankan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi atau lembaga, termasuk pemerintah daerah. Hal itu didasari pengertian bahwa perencanaan merupakan suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia.(Nar)