DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 20 Februari 2019 / 19:20 WIB

KPU Temukan Kotak Suara Rusak

SLEMAN, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menenukan sejumlah kotak suara rusak. Selain itu, ada juga kotak suara yang tidak dilengkapi dengan kabel pengait, sehingga tidak dapat disetting.

Atas temuan tersebut, KPU Sleman langsung mengajukan tambahan kotak suara ke KPU RI melalui KPU DIY. Kerusakan kotak suara tersebut ada yang berlubang dan kusut karena lembab. Diduga kerusakan ini disebabkan saat proses pengiriman dari KPU RI ke KPU Sleman.

Anggota divisi logistik KPU Sleman Aswino Wardana mengatakan hal tersebut, Rabu (20/2). Untuk kotak suara yang tidak ada kabel pengaitnya ada tiga buah. Sedangkan yang rusak karena berlubang dan lembab ada tiga. "Total ada enam kotak suara. Kerusakannya tidak terlalu parah. Kemungkinan besar rusak ketika proses pengiriman dari KPU RI ke kabupaten,"ungkapnya.

Langkah yang dilakukan KPU Sleman dengan segera meminta pengganti ke KPU RI melalui KPU DIY. Di Sleman sendiri kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2019 mencapai 16.955 buah. Jumlah itu disesuaikan dengan total TPS yang ada, yakni 3.391. Satu TPS nantinya akan ada lima kotak suara. 

Sampai saat ini proses setting masih berlangsung dan menyisakan sekitar 1.500 buah Lebih lanjut Aswino menambahkan, pasca 'setting' kotak suara, saat ini gudang KPU sudah penuh. Di hampir semua ruangan berisi kotak suara yang disusun hingga enam tingkat. "Jadi kita akan menggunakan gedung lainuntuk sortir surat suara yangrencananya akan dilakukan Maret nanti. Karena ruangan yang ada saat ini sudah penuh," tegasnya.(Awh)