Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 20 Februari 2019 / 15:18 WIB

Univet Sukoharjo Kirim Tiga Mahasiswa KKN ke Thailand

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo untuk kali pertama mengirimkan sebanyak tiga mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) magang ke luar negeri dengan tujuan di Thailand. Kegiatan akan dilaksanakan selama 25 hari mulai 24 Februari - 20 Maret.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo Ali Mursyid mengatakan, dalam sejarah kampus Univet Bantara Sukoharjo untuk kali pertama mengirimkan mahasiswa dalam program KKN magang ke luar negeri. Negara tujuan penempatan mahasiswa yakni di Thailand. Hal itu setelah ada kepastian penerimaan dari Thailand terhadap ketiga mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo.

Univet Bantara Sukoharjo mengirimkan sebanyak tiga mahasiswanya dalam program KKN Magang ke Thailand. Mereka yakni, Sita Darawati, Susi Anggraeni, Nova Irianti. Ketiganya sekarang kuliah semester 6 berasal dari FKIP jurusan Bahasa Inggris.

Ali Mursyid menjelaskan, pada dua tahun lalu Ali Musyid mengaku bersama Wakil Rektor dan Dekan FKIP berkunjung ke Provinsi Yala Thailand. Tempat yang dikunjungi yakni di Luqmanul Hakim Foundation dan langsung melakukan penandatanganan kerjasama.

Beberapa program kerjasama yang sudah dijalin diantaranya yakni mendatangkan ketua Luqmanul Hakim Foundation dan beberapa mahasiswa kuliah ke Univet Bantara Sukoharjo. Kerjasama lainnya yang dijalin yakni dengan ditindaklanjutinya program KKN magang mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo ke Thailand.

Selama melaksanakan kegiatan KKN magang di Thailand ketiga mahasiswa harus menjalankan semua program pendidikan yang sudah dijadwalkan. Sebab dari pihak kampus Univet Bantara Sukoharjo sudah menyiapkan kerangka tematik pendidikan. Di luar itu mahasiswa diperbolehkan melakukan kreasi namun tetap dalam pendampingan dosen atau pendamping.

“Bagi Univet Bantara Sukoharjo memberangkatkan atau mengirim mahasiswa magang ke luar negeri merupakan kali pertama dan membanggakan kampus. Sedangkan bagi mahasiswa sendiri ini merupakan kesempatan kali pertama mendapat pengalaman mengenyam pendidikan di luar negeri,” ujarnya.

Semua kebutuhan ketiga mahasiswa Univet Bantara Sukoharjo semuanya sudah ditanggung oleh Luqmanul Hakim di Thailand. Karena itu mahasiswa diminta untuk tetap fakus mengenyam pendidikan selama KKN magang.

“KKN magang ke luar negeri ini juga sangat penting bagi Univet Bantara Sukoharjo karena dari pemerintah pusat sendiri memandang adanya kerjasama dari kampus dengan pihak di luar negeri harus ada implementasinya. Artinya tidak hanya sebatas penandatanganan saja namun juga ditindaklanjuti dengan program nyata seperti KKN magang ini,” lanjutnya.

Ali Mursyid juga menambahkan, secara keseluruhan total sebenarnya ada delapan orang mahasiswa yang diberangkatkan KKN magang ke Thailand. Tiga diantaranya berasal dari Univet Bantara Sukoharjo sedangkan lima orang sisanya berasal dari perguruan tinggi Jawa Timur. (Mam)