DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 20 Februari 2019 / 13:39 WIB

Forum Pemuda Kreatif Ajak Netizen jadi Agen Anti Hoax

YOGYA, KRJOGJA.com - Forum Pemuda Kreatif bersama berbagai pegiat sosial sosial seperti blogger, youtubers, content creator serta seniman digital dan warganet lainnya siap mendeklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Anti Hoax, Kamis (21/2/2019). Acara Deklarasi akan dilaksanakan bersama dengan diskusi ‘Peran Warganet dan Media dalam Melawan Hoax dan Politisasi SARA Untuk Pemilu 2019 yang Damai, Berkualitas dan Bermartabat’ yang akan berlangsung di Loco Coffee.

Ketua Forum Pemuda Kreatif, Hafyz Marshal mengatakan acara deklarasi tersebut merupakan gerakan kreatif dan sukarela yang menyadari pentingnya melawan hoax guna menciptakan penyelenggaraan pemilu yang damai dan bermartabat. Peran sosial media menurut dia sangat penting di ajang kontestasi saat ini terlebih karena sarana tersebut dimanfaatkan lantaran penggunannya cukup banyak.

“Peran media sosial saat ini sangatlah penting dalam pesta demokrasi sekarang. Namun dampak negatif maraknya Hoax di medsos juga signifikan, karena itu kita lawan hoax dengan kegiatan kreatif di medsos seperti salah satu bentuknya melalui lomba konten narasi positif dari kalangan netizen, blogger dan youtubers, kreator digital lainnya,” ungkapnya, Rabu (20/2/2019).

Forum Pemuda Kreatif berharap dengan adanya deklarasi ini nantinya banyak warganet dari daerah lain yang akan tergerak bergabung dalam gerakan melawan hoax, baik melalui media sosial dan media media alternatif lainnya tentunya dengan cara kreatif. “Kami ingin mulai dari Yogyakarta dan harapannya nanti menginspirasi daerah lain untuk menyuarakan semangat yang sama, anti hoax,” tandasnya.

Deklarasi yang akan dilaksanakan besok menghadirkan beberapa pemateri salah satunya Prihadi Beny Waluyo yang merupakan aktivis sosial media Yogyakarta. Nantinya bakal dibahas bagaimana masyarakat sebaiknya menggunakan sosial media secara positif demo mensukseskan kepentingan nasional. (Fxh)