DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 20 Februari 2019 / 11:16 WIB

Pungutan Retribusi Obwis Pantai Selatan Mulai Diberlakukan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Pemkab Gunungkidul mulai memberlakukan pungutan retribusi objek wisata Pantai Selatan yang semula dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Dari sejumlah objek wisata tersebut di antaranya Pantai Gesing, Buron dan Kesirat Girikarto Kecamatan Panggang.

Pungutan retribusi tersebut sejalan dengan diberlakukannya Peraturan Daerah (Perda) No 2 Tahun 2018 Tentang Perubahan ketiga atas Perda No. 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. ”Pungutan retribusi wisata untuk Pantai Gesing ini diberlakukan sejak Januari lalu, ” kata Kepala Dinas Pariwisata Esti Wijayanti.

Mengacu pada perda tersebut Pasal 8 ayat (2) huruf f bahwa kawasan wisata Pantai Gesing, Buron, dan Kesirat masuk dalam objek wisata yang berada di bawah pengelolaan Pemkab Gunungkidul. Karena itu di kawasan wisata tersebut dilakukan pemungutan retribusi oleh Pemkab Gunungkidul.

Pelaksanaan pemungutan retribusi itu, Dinas Pariwisata tetap bekerja sama dengan Pemerintah Desa Girikarto dan disosialisasi sejak sebelum kebijakan tersebut dilaksanakan. Karena itu diharapkan setelah resmi dilakukan pemungutan dari pemerintah tidak ada pihak-pihak yang melakukan pungutan diluar ketentuan yang memiliki landasan hukum. ”Pungutan retribusi ini juga bekerja sama pemerintah desa setempat,” imbuhnya.

Sebelum diberlakukan pemerintah kabupaten sudah melakukan sosialisasi termasuk dengan pihak Pokdarwis. Karena di beberapa tempat seperti Objek wisata air terjun Srigetuk, Bleberan dan Nglanggeran juga sudah berjalan dengan baik ada jasa parkir jasa-jasa lain yang tidak terkait dengan retribusi wisata.

Data sementara pendapatan dari TPR Pantai Gesing bulan lalu sudah mencapai sekitar Rp 90 juta. Dari pendapatan tersebut kamudian dibagi, pemerintah desa sebanyak 30 persen sedangkan 70 persen untuk pemerintah daerah. (Bmp)