Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 20 Februari 2019 / 05:05 WIB

Diajak Ngobrol Ga Nyambung, Anggota 'TNI' Disergap

CILACAP, KRJOGJA.com - AWK (24) warga Dusun Kendungan Desa Batiyo Kecamatan Banyuwates Kabupaten Sampang, Jawa Timur, dibekuk tim gabungan Polsek, Koramil Dayeuhluhur, Kodim 0703 Cilacap karena diduga mengaku anggota TNI, yang ternyata palsu alias gadungan. 

Penangkapan itu dilakukan saat tersangka tengah menginap di rumah 
Nana Sutisna (45), warga RT02/10 Dusun Manggasari Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap. Penangkapan TNI gadungan itu berawal dari kecurigaan Nana karena tersangka yang mengaku anggota TNI tidak pernah berangkat dinas. "Disamping itu jika ngobrol dengannya tidak pernah nyambung," ujar Nana, Selasa (19/02/2019).

Nana mengenal tersangka berawal ketika dalam perjalanan Surabaya menggunakan bus umum. Saat itu, tersangka yang mengaku anggota TNI, hendak ke balik Kota Banjar mengurus kembali surat kehilangan dompet miliknya yang berisi surat-surat. Sebelumnya tersangka sudah pernah melapor kehilangan dompet ke Polres Banjar, namun alasan kehilangan kartu identitasnya itu tidak diakui di tempat kerjanya di Surabaya, sehingga hal tersebut berujung dengan ditolaknya masuk kembali ke asramanya. 

Cerita itu membuat Nana menjadi iba dan mempersiapkan tersangka ke rumahnya. Namun selama tersangka menginap di rumah Nana, tidak pernah 
Pamit pergi dinas. Karena merasa curiga, sehingga hal itu dilaporkan ke Koramil dan Polsek setempat. Setelah dilakukan penyelidikan, tersangka diketahui bukan anggota TNI, sehingga segera dilakukan penangkapan. Mun karena dalam kasus tersebut, Polres Banjar yang merasa dirugikan, sehingga tersangka diserahkan ke Polres Banjar untuk proses lanjut. (Otu)