DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 19 Februari 2019 / 20:18 WIB

Kantor Desa Caturtunggal Kini Bebas Asap Rokok

DEPOK, KRJOGJA.com - Pemdes Caturtunggal Depok Sleman membuat terobosan baru. Melalui Peraturan Kepala Desa (Perkadesa) Caturtunggal No 2 Tahun 2019, Kades setempat Agus Santoso SPsi ingin kantornya bebas dari asap rokok. Kalaupun ada masyarakat yang mau merokok akan disediakan tempat khusus. Jika melanggar terhadap aturan ini bakal dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp 200 ribu.

Sebagai penanda dari aturan tersebut telah diadakan Deklarasi Lingkungan Kantor Desa Caturtunggal sebagai Kawasan Tanpa Rokok. "Desa ini adalah kantor desa pertama di Kabupaten Sleman yang menyatakan wilayahnya sebagai kawasan tanpa rokok. Karena itu saya mengajak desa-desa khususnya di Depok agar mengikuti dan menjadikan seluruh desa, instansi, pelayanan keseharan serta pendidikan di Kecamatan Depok sebagai contoh daerah bebas rokok," terang Camat Depok Abu Bakar SSos MSi.

Kepala Desa Caturtunggal mengajak masyarakat melalui gerakan moral untuk mewujudkan kawasan tanpa rokok di lingkungan Desa Caturtunggal. Kawasan tanpa rokok telah diatur dalam Perkadesa Caturtunggal pada Bab III pasal 3 dijelaskan mengenai Kantor Desa merupakan kawasan bebas asap rokok.

Sementara Kepala Puskesmas Depok III Toto Suharto SKM MKes menyampaikan aturan kawasan bebas rokok ini untuk mengajak gerakan hidup sehat di masyarakat yang dimulai dari lingkungan kantor Desa Caturtunggal. "Gerakan ini juga untuk memberikan penyuluhan bagi mereka yang bukan perokok atau perokok pasif serta menekan perokok pemula. (Adk)