DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 19 Februari 2019 / 18:36 WIB

Rp 4,9 M Digelontorkan untuk Program Penyediaan Makanan Tambahan

BANTUL, KRJOGJA.com - Pemkab Bantul melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) menggelontorkan Rp 4,9 miliar untuk program Penyediaan Makanan Tambahan (PMT) bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK bahkan Posyandu di seluruh Bantul. Adapun anggaran program PMT ini bersumber dari APBD 2019.

Kepala DPPKBPMD Kabupaten Bantul Drs H Supriyanto MM menuturkan pihaknya baru saja melakukan penyerahan simbolis bantuan PMTPAUD Formal dan Non Formal serta Posyandu Balita. Totalnya Rp 4,9 miliar perinciannya PMT PAUD Formal (TK/RA) dengan sasaran 27.476 anak di 534 lembaga dengan anggaran kisaran Rp 3,2 miliar, PMT PAUD Non Formal (KB/SPS/TPA) dengan sasaran 15.582 anak di 711 lembaga dengan anggaran sebesar Rp 600 juta, dan PMT Posyandu sasaran 1.141 Posyandu dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

Supriyanto menambahkan tujuan pengadaan PMT di antaranya untuk meningkatkan kecukupan asupan gizi anak usia dini, meningkatkan pengetahuan dan perilaku peserta didik tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mendukung program pencegahan stunting alias kekerdilan. "Utamanya mendukung visi Pemkab Bantul dalam mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera," jelas Supriyanto.

Sebelumnya, Bupati Bantul Drs H Suharsono, menyampaikan para ibu hamil harus memperhatikan kesehatan dan asupan gizinya. Hal ini agar anak yang lahir nanti akan menjadi anak yang sehat dan cerdas. Begitu juga anak balita yang ada di Bantul hendaknya asupan gizinya lebih tercukupi.

"Pemkab Bantul sangat peduli dengan alokasi bantuan dana pemberian makanan tambahan yang cukup besar. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan kecukupan gizi anak balita atau anak PAUD yang ada di Bantul," katanya.

Ia berharap dengan gizi tercukupi anak Bantul dapat tumbuh sehat cerdas dan menjadi generasi berkualitas yang dapat mengisi pembangunan daerah dengan hal kreatif dan inovatif. (Aje)