Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 19 Februari 2019 / 17:56 WIB

Ratusan Surat Suara DPR RI Rusak

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Ratusan surat suara DPR RI untuk Pemilu 2019 yang diterima Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung kedapatan tidak sempurna dalam pencetakannya. Surat suara tersebut untuk sementara dipisahkan menunggu instruksi lebih lanjut dari KPU RI.

"Petugas yang mensortir menemukan ratusan susu yang tidak sempurna pencetaknya. Untuk sementara dipisahkan, " kata Komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Henry Sofyan Rois kepada KRJOGJA.com, Selasa (19/02/2019).

Henry mengatakan pada surat suara tersebut diantaranya ada block hitam di luar surat suara, sobek, ada lobang dan tinta ngeblok serta terdapat bercak tinta. Surat suara tersebut dipisahkan sebab jika dilipat dan digunakan ditakutkan akan menimbulkan permasalahan saat pencoblosan.

Ia mengemukakan berdasar pengalaman pemilu dan pilkada sebelumnya, kerusakkan yang parah akan diganti namun untuk yang kerusakkan minimal atau ringan akan digunakan pada pencoblosan.  "Penggunaan surat suara yang tidak sempurna pencetakknnya menunggu surat edaran dari KPU," katanya.

Dia menyampaikan dari lima jenis surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019, yang belum diterima hanya DPD, empat surat lainnya sudah sampai. Diharapkan pada Rabu sudah sampai, untuk kemudian disortir dan dilipat.

Untuk tiap jenis surat suara berjumlah 614.356 lembar. Jumlah itu sudah termasuk tambahan 2 persen dari daftar pemilih di tiap tempat pemungutan suara (TPS).

Pelipatan melibatkan 350 warga yang terbagi dalam 35 kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang. Mereka dari warga sekitar yangtelah dilatih atau sebelumnya terlibat pada sortir dan pelipatan surat suara Pilkada lalu. "Target pada 20 Februari sudah selesai dalam sortir dan pelipatan," katanya. (Osy)