Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 19 Februari 2019 / 17:35 WIB

Pengedar dan Pemakai Gorila Tembakau Ditangkap

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Kepolisian Resort Temanggung menangkap Dwi Yuniyanto (21) dengan sangkaan sebagai pemakai dan David Muhammad (23) sebagai pengedar narkotika jenis tembakau gorila. Keduanya merupakan target operasional Satres Narkoba Polres Temanggung, terutama David Muhammad yang merupakan pengedar.

Kasatnarkoba AKP Sri Haryono didampingi Kasubag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti mengatakan dari Dwi Yunianto petugas berhasil menyita antar alain dua linting narkotika jenis tembakau gorila sebesar 0,76 gram, satu bungkus rokok dan satu ponsel. Sementara dari tersangka Dari David Muhammad menyita antara lain 3 bungkus narkotika jenis tembakau gorila seberat 17,7 gram, satu linting narkotika jenis tembakau gorila sebenart 0,22 gram, uang tunai sejumlah Rp 42 ribu dan ponsel.

Keduanya ditangkap bermula dari informasi dari masyarakat yang menyatakan adanya dugaan transaksi tembakau gorila di Taman Bambu Runcing Parakan. Polisi langsung menuju ke lokasi hingga kemudian ditangkap Dwi Yunianto.

Hasil pengembangan diperoleh keterangan barang dibeli dari David Muhammad. "Kami tangkap Davis setelah ada pengakuan dari Dwi," katanya, sembari mengemukakan hasil tes urin menyatakan keduanya positif dan pada penyidik keduanya juga telah mengakui.

Dia mengatakan Dwi Yunianto dijerat dengan pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 1 lebih subsider pasal 127 ayat 1 huruf a UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 12 tahun penjara dan denda Rp 8 miliar, sedangkan pada David pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 1 undang-undang no 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 12 tahun penjara dan denda Rp 8 miliar.

Tersangka David mengatakan mendapatkan tembakau gorila dari media sosial. Pesan melalui transaksi elektronik dengan harga satu paket Rp 190 ribu dan dijual per linting Rp 25 ribu. "Saya mengkonsumsi tembakau gorila dalam beberapa waktu terakhir, dan sebagian saya jual pada teman," katanya. (Osy)