DIY Editor : Agus Sigit Selasa, 19 Februari 2019 / 11:13 WIB

Tim Basket Porda Kota Yogya Siap Sapu Bersih Emas

YOGYA, KRJOGJA.com - Tim basket  Kota Yogyakarta siap menyapu bersih  4 medali emas  yang diperebutkan dalam cabor bolabasket pada penyelenggaraan  Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY 2019  yang akan dihelat di GOR Kridosono, Yogya, 10-15 Oktober mendatang.

“Dari 4 medali emas tersebut  berasal dari  nomor basket  konvensional  5x5 putra-putri dan nomor basket 3on3 putra-putri,” ujar Andreas Candra Wibowo  (Kobo) selaku Ketua umum Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (Perbasi ) Kota Yogya yang dihubungi KR belum lama ini.

Menurutnya, guna mewujudkan ambisinya itu, pihak Perbasi Kota  sudah menyiapkan  12 pebasket putra dan 12 pebasket putri (nomor basket 5x5) dan 4 pemain putra dan 4 pemain putri (3On3). “Namun   para pemain yang disiapkan ini, masih bisa tersisih kalau hingga  akhir  seleksi  Maret 2019 mereka  kurang layak untuk mewakili Kota Yogya, sehingga  Pengurus Perbasi Kota melakukan  antisipasi  dengan mengadakan  sistem promosi-degradasi dengan pemain  baru,”  terang Kobo.

Lebih lanjut dikatakan, selain  telah menyiapkan  tim  basket putra-putri 5X5 dan pebasket putra-putri 3On3, pengurus Perbasi Kota juga telah menetapkan 'coach' (pelatih) yang akan menangani para atlet basket Kota Yogya hingga berlangsungnya  cabor basket Porda  yang bakal dilangsungkan  di  Kota Yogya selaku tuan rumah. Para pelatih yang disiapkan yaitu Rinto (pelatih basket 5X5 putri), Johan  (pelatih basket 5X5), Aji (pelatih 30n3 putri) dan Ivan (pelatih 3on3 putra). Sedangkan Aryo merupakan asisten pelatih basket 5X5 putri.

“Dalam latihan atau puslatkot cabor basket di GOR Kridosono, Perbasi kota Yogya telah menentukan hari pelaksanaanya yaitu Rabu, Senin dan Jumat malam pukul 18.00 hingga pukul 21.00,” ujar Kobo.

Karenanya, untuk mengamankan target 4 medali emas tersebut, para pebasket Kota Yogyakarta dalam Porda DIY 2019 mendatang, harus bisa tampil maksimal dan bisa mengatasi saingan terberat mereka dari Sleman dan Bantul. “Saingan terberat tim basket Kota Yogya dalam Porda DIY nanti adalah Sleman dan Bantul,”  pungkas Kobo. (Rar)