Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 18 Februari 2019 / 19:10 WIB

Aspal Jalan Terkelupas, Desa Jrahi Terancam Longsor

PATI, KRJOGJA.com - Kawasan Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal terancam bencana longsor besar. Beberapa titik di desa tersebut, seperti Kali Cilik yang menghubungkan Desa Giling, kondisi tanahnya sudah tergerus akibat longsor kecil di beberapa tempat, Senin (18/2/2019). 

Longsor terbesar terjadi di jalan poros menuju Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal. Di titik ini, terjadi longsor bahu jalan sepanjang 15 meter, tinggi 2,5 meter, serta lebar 1,5 meter.

Sebelum longsor terjadi, didahului adanya curah hujan deras. Air yang tidak tertampung saluran irigasi, lalu masuk ke dalam tanah. Sehingga meretakan tanah semakin membesar dan membuat longsor. 

Akibat kejadian longsor Senin siang, menyebabkan kondisi jalan milik DPU Pati, rusak parah. Aspal jalan akan terkelupas. Padahal, jalan tersebut baru selesai diaspal, pada bulan Oktober lalu.

Perangkat Desa Jrahi, Warto menjelaskan jika longsor kecil terus terjadi, maka desanya terancam akan terisolir. "Kami minta bantuan dari pemerintah, karena kami takut adanya longsor besar," kata Warto. (Cuk)