Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 18 Februari 2019 / 17:41 WIB

'Api Cinta Jokowi', Lalui Titik Sejarah Saat Jadi Walikota

SOLO, KRJOGJA.com - 'Api Cinta Jokowi' yang diambil dari sumber api abadi Grobogan, Selasa (19/2/2019) dikirabkan melalui titik-titik bersejarah semasa Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) ini menjadi walikota Solo. Titik-titik monumental tersebut, diantaranya Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, Koridor Sudirman, dan berakhir di Koridor Ngarsopuro.

Koordinator Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Solo, Jimmy Sugiarto, kepada wartawan, di Warung Krupuk, Senin (18/2/2019), mengungkapkan, pilihan rute kirab obor 'Api Cinta Jokowi' di titik bersejarah, diarahkan sebagai pengingat bagi warga Solo atas peristiwa beberapa tahun silam semasa Jokowi menjadi Walikota Solo bersama FX Hadi Rudyatmo sebagai Wakil Walikota. Minimal titik-titik rute kirab tersebut mewakili karya monumental lain di seluruh penjuru kota.

Sebut saja Koridor Ngarsopuro, tambahnya, mewakili simbol penataan kota yang diikuti dengan relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terrencana jauh ke depan, atau juga Kampung Batik Kauman mewakili masa kebangkitan industri batik yang sempat tenggelam ditelan zaman. "Berkat upaya Pak Jokowi mengkampanyekan batik serta membangkitkan kembali kampung Batik Kauman semasa menjadi walikota Solo, sekarang industri batik tumbuh pesat dan kian memasyarakat," ujarnya.

'Api Cinta Jokowi' itu sendiri, tambahnya, telah dikirabkan sejak Minggu (17/2/2019) di tiga kota diantaranya Grobogan, Demak, Semarang. Solo merupakan kota ke empat sebelum berlanjut ke 11 kota lain di Jawa Tengah, dan berakhir di Pekalongan. Pentyambutan obor 'Api Cinta Jokowi' di Solo mungkin agak istimewa, sebab kebetulan Capres nomor urut  01 yang berpasangan dengan Ma'rif Amin ini merupakan putra asli Solo dan pernah menorehkan jejak sejarah sebagai walikota.

Di sisi lain, Koordinator Repnas Jawa Tengah, Wijaya Dahlan, menambahkan, berbeda dengan pesta demokrasi tahun-tahaun sbelumnya, kalangan penguisaha muda memang tidak pernah terlibat dalam politik praktis. Bahkan ketika kalangan pengusaha muda ditanya soal pilihan, cenderung mencari posisi aman terkait dengan keberlangsungan usaha masing-masing. "Tapi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini, pengusaha muda di Jateng tegas menyampaikan dukungan kepada pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin," tegasnya.

Dukungan tersebut, dijadwalkan akan dikuatkan dengan deklarasi Repnas untuk Jokowi - Ma'ruf Amin di Pekalongan bersamaan dengan finish kirab 'Api Cinta Jokowi' setelah melalui 15 kota. dari Solo yang merupakan titik pemberhentian kota ke empat, jelasnya, obor 'Api Cinta Jokowi' melanjutkan perjalanan ke Boyolali, Salatiga, Ambarawa, temanggjng, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Tegal dan berakhir di Pekalongan.(Hut)