Olahraga Editor : Agus Sigit Senin, 18 Februari 2019 / 11:44 WIB

TONGKRONGI POSISI II KLASEMEN DIVISI MERAH

BPJ Tantang Satria Muda di Perempatfinal Batam

SLEMAN, KRJOGJA.com - Tim basket Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) yang telah lolos ke babak 'playoff' akhirnya menyegel peringkat II klasemen Divisi Merah  usai mengalahkan Hangtuah Palembang (Sumsel) dalam seri VIII (terakhir) babak reguler kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax musim kompetisi 2018-2019. Dalam laga di GOR UNY Jalan Colombo, Sleman Minggu (17/2) malam, BPJ yang diperkuat dua legiun asing David Atkinson dan David Seagers  sukses mengatasi Hangtuah dengan skor 80-69.

 

Sebenarnya BPJ yang ditukangi Raoul Miguel Hadinoto berpeluang menjadi penguasa klasemen Divisi Merah, asalkan tidak kalah dalam laga melawan Stapac Jakarta, yang dimainkan Sabtu (16/2) malam. Namun apa mau dikata, BPJ harus takluk dari Stapac, sehingga gagal menempati posisi puncak klasemen Divisi Merah dan harus bertarung di babak perempatfinal  menghadapi peringkat III Divisi Merah Satria Muda Pertamina (SMP) yang akan dilangsungkan di Batam, 1-3 Maret mendatang.

Sedangkan peringkat I klasemen Divisi Merah di tempati NSH Jakarta yang dalam waktu bersamaan Minggu malam menundukkan  Satya Wacana Salatiga (SWS) dengan skor 98-88. Selanjutnya pemuncak klasemen Divisi Putih ditempati Stapac Jakarta, yang dalam laga terakhirnya menundukkan Prawira Bandung 89-69. “Peringkat I Divisi Merah dan peringkat I Divisi Putih langsung melenggang ke semifinal. Sedangkan peringkat II-III Divisi Merah maupun Divisi Putih, harus bertarung di perempatfinal untuk memperebutkan tempat semifinal,” ujar Humas BPJ Noe Prasetya.

“Kita saat berjumpa Satria Muda Pertamina dalam babak perempatfinal babak 'playoff' berusaha merebut kemenangan, untuk  meraih tempat di semifinal. Mengenai peluang BPJ di perempatfinal lawan Satria Muda, ya 'fifty-fifty', “ujar coach Raoul Miguel Hadinoto, usai laga.

Pertandingan  BPJ  kontra Hangtuah merupakan pertemuan kedua di antara kedua tim. Pada pertemuan pertama lalu pada seri  II di Jakarta, 2 Desember 2019 lalu, BPJ terpaksa mengakui ketangguhan  Hangtuah dengan skor  68-70. Kekalahan  di Jakarta lawan Hangtuah, mampu dibalas BPJ di kandang sendiri di GOR UNY. Sehingga skor pertemuan kedua tim  pada musim kompetisi  IBL 2018-2019 adalah 1-1.

Laga  BPJ versus Hangtuah  berjalan ketat.  BPJ yang di kuarter I sempat memimpin  beberapa poin dari lawan,  akhirnya dapat dikejar Hangtuah  yang diperkuat Martez Horrison dan kawan-kawan. Akibatnya, pada kuarter pertama berakhir sama kuat 20-20. Pada kuarter kedua  BPJ lewat  David Atkinson , David Seagers, Samuel, Yanuar DP (kapten tim) dan Galank Gunawan  mampu  tampil lebih bervariasi untuk melakukan ofense ke daerah lawan untuk mencetak poin. Pada kuarter II ini, BPJ unggul  3 poin (41-38) atas Hangtuah.  Memasuki kuarter III, Hangtuah  setelah tertinggal dalam pengumpulan poin  mampu bangkit lewat tembakan <I>three point maupun doubel-doubel point<P> yang dilesakkan Stevan Wilfredo Neno cs. Karenanya, pada kuarter  III ini, Hangtuah balik unggul 61-55. Beruntung  di kuarter keempat BPJ yang tidak mau dipermalukan di kandang sendiri untuk yang kedua kalinya , setelah dalam laga hari kedua bertekuk lutut dari Stapac Jakarta. Akhirnya, pada kuarter  keempat tersebut, BPJ menang dengan skor 80-69, sekaligus mengunci peringkat II Divisi Merah dan memantapkan diri pada  babak playoff. (Rar)