DIY Editor : Agus Sigit Senin, 18 Februari 2019 / 11:33 WIB

Siswa SMA-SMK di DIY Dilatih Ngevlog dan Buat Film

YOGYA, KRJOGJA.com - Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY menggelar diseminasi jemput bola ke lima kabupaten kota di DIY sejak 11 Februari 2019 lalu. 250 siswa SMA-SMK, pengawas dan guru ikut serta dalam sosialisasi produk di mana salah satunya pelatihan pengembangan vlog dan film.

Edy Wahyudi, Kepala Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY mengatakan di tahun 2019 ini teknis baru diseminasi dilakukan di mana Tekkomdik melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dengan memanggil perwakilan siswa. Konsep baru tersebut dilakukan lantaran tantangan penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) akan semakin besar di era revolusi industri 4.0 ini.

“Kami sebarluaskan layanan apa saja yang ada di Balai Tekkomdik Dispora DIY dengan datang ke sekolah-sekolah dan melakukan sosialisasi. Beberapa sosialisasi kami laksanakan diantaranya pelatihan pembuatan vlog dan film termasuk produk-produk yang ada di Tekkomdik misalnya bermusik menggunakan Ipad,” ungkapnya.

Balai Tekkomdik menurut Edy akan terus melakukan gerilya untuk mensosialisasikan produk TIK ke sekolah yang berada di seluruh wilayah DIY. Tekad mewujudkan predikat 2025 DIY sebagai pusat pendidikan terkemuka di Asia Tenggara menjadi alasan di mana salah satu indikatornya adalah bagaimana guru dan tenaga kependidikan termasuk muridnya memanfaatkan TIK.

“Siswa dan terutama guru harus semakin melek pada TIK karena jaman menuntut kolaborasi tersebut. Kami bertekad meningkatkan kemanfaatan program berbasis TIK di DIY, sesuai misi Gubernur menjadikan DIY pusat pendidikan terkemuka di Asia Tenggara,” imbuh pria yang sebelumnya menjabat Kepala Balai Pemuda dan Olahraga ini.

Sebelumnya, diseminasi Balai Tekkomdik telah mendatangi lima lokasi sekolah yakni SMA N 1 Imogiri, SMKN 1 Saptosari, SMKN 1 Panjatan, SMAN 1 Kalasan dan SMK SMTI Yogyakarta. Lebih dari 250 guru dan siswa dari beberapa sekolah di tiap kabupaten/kota turut serta dalam sosialisasi tersebut. (Fxh)