Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 17 Februari 2019 / 11:53 WIB

Akhir Pekan Cuma di Rumah?, Yuk Bikin Seblak Ceker 'Endes'


PARA pembaca yang menghabiskan liburan akhir pekan hanya di rumah, tak perlu galau atau risau. Anda bisa memasak salah satu makanan ringan asal Jawa Barat ini, yaitu Seblak.

Seblak, saat ini bisa ditemukan di sudut kota Yogyakarta. Tak ada salahnya mencoba membuat di rumah karena bahan dan cara membuatnya terbilang mudah. Bahkan, rasanya bakal lezat alias endes banget.

Lantas, apa saja bahan-bahan yang diperlukan serta bagaimana cara membuat resep seblak khas Sunda ? Simak selengkapnya seperti yang sudah dirangkum oleh KRJOGJA.com.

Bahan-bahan
1/4 kg Kerupuk 
2 butir telor 
1/4 sayur kol
2 sosis 
4 ceker ayam

Bumbu-bumbu 
Cabai sesuai selera
4 siung bawang merah
1 siung bawnag putih
1/2 kencur 
Garam,gula dan penyedap rasa secekupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Rebus kerupuk hingga teksturnya beruba sedikit matang. Air rebusan kerupuk jangan dibuang biarkan dan tiriskan dengan kerupuk besah tersebut. Pada saat yang bersamaan dengan perebusan kerupuk, barengi juga untuk mengocok telur. 

2. Komoditas bumbu seblak seperti cabai, bawang merah dan putih, serta kencur ulek hingga halus, usahakan tidak terlalu lembut.

3. Setelah bahan utama dan bumbu sudah siap, panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak panas, masukan bumbu yang sudah di ulek ke dalam wajan. Goreng hingga tercium harum.

4. Setelah bumbu sudah dirasa harum, masukan telor dan aduk sampai telor mulai matang. Kemudian dilanjut dengan masukan air mineral secukupnya seperti tumisan Tunggu hingga mendidih.

5. Masukan kerupuk basah yang sudah di rebus, masukan juga sayur kol, sosis, ceker,  atau toping lainnya seperti jamur, makaroni dll.

6. Ketika semua bahan sudah dimasak, tambahkan bumbu garam, gula, dan penyedap secukupnya. Tambahkan juga saus sambal jika diinginkan.

7. Catatan penting, ketika anda memasak seblak, kemungkinan besar anda akan merasa terganggu saat penumisan bumbu yang sudah di ulek. Biasanya anda akan reflek bersin.

7. Tunggu hingga seblak matang sempurna. Makananan khas sunda siap anda nikmati di akhir pekan ini. Selamat mencoba. ( Evi Nur Afiah).