DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 17 Februari 2019 / 00:52 WIB

Biaya Transportasi Peserta Kampanye Tidak Boleh Berwujud Uang

BANTUL, KRJOGJA.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul tengah memberikan edaran dan sosialisasi terkait aturan baru berkaitan kampanye. Berdasarkan SK KPU RI Nomor 278/PL.02.4Kpt/06/KPU/1/ 2019 dan SE KPU RI Nomor 236/PL.02.4-SD/06/KPU/II/2019, dinyatakan biaya transportasi dan uang makan peserta kampanye tidak boleh berwujud uang tunai.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bantul Supardi membenarkan perihal ketentuan dari KPU RI tersebut. Pihaknya pun melalui Surat Edaran (SE) dengan nomor P.0086/BAWASLU-BTl/K/PM/02/2019 perihal Ralat Sosialisasi, telah melakukan edaran supaya peserta pemilu tidak memberikan dana transport dan makan dalam wujud uang.

"Sebelum ada SK ini, memang kami memberikan sosialisasi bahwa peserta pemilu boleh memberikan uang untuk biaya transport dan makan bagi peserta kampanye. Namun ternyata ada SK KPU sehingga kami memberikan ralat pada sosialisasi terdahulu," jelasnya.

Ia menambahkan, sebagai solusi untuk uang makan dan transport dapat diganti dalam wujud voucher. Meski demikian untuk uang makan dianjurkan menyediakan dalam wujud benda (makanan).

"Voucher boleh, tidak masalah dan sesuai aturan. Sementara jumlah voucher disesuaikan Standar Harga Barang dan Jasa (SHBJ) masing-masing wilayah," imbuhnya. (Aje)