DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 17 Februari 2019 / 02:42 WIB

Taman Bendung Kamijoro Jadi Destinasi Wisata ’Tiban’

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Taman Bendung Kamijoro yang pembangunannya baru saja selesai dikerjakan mendatangkan berkah bagi masyarakat sekitar Sungai Progo di wilayah Kabupaten Kulonprogo dan Bantul. Sejak awal Februari 2019, bangunan bendung di atas Sungai Progo tersebut menjadi destinasi wisata ‘tiban’.

Pengunjung tiap hari mendatangi taman seluas kurang lebih 7 (tujuh) hektare (ha) di Pedukuhan Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo ini. Pengunjung ada yang dari Kulonprogo dan Bantul dengan berjalan kaki menyeberang jembatan di atas bendung Sungai Progo di wilayah Pedukuhan Plambongan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan.

Pada awalnya taman tersebut merupakan tanah wedi kengser ditanami hijauan makanan ternak (HMT) kalajana untuk makanan ternak sapi dan kambing. Sejak menjadi destinasi wisata ‘tiban’, sebagian besar masyarakat beralih pekerjaan dari yang keseharian hanya sebagai ibu rumah tangga, peternak, penambang pasir menjadi pedagang aneka makanan, petugas parkir dan petugas keamanan.

“Sehari setelah masyarakat boleh mengunjungi Bendung Kamijoro, mencoba berjualan makanan. Hasilnya lumayan sehingga berjualan sampai sekarang,” ujar Etik Murwanti, pedagang minuman dan makanan di Bendung Kamijoro.

Seperti Etik Murwanti dan Rahayu yang ikut berjualan makanan mengungkapkan sebelumnya di rumah bekerja buruh membuat emping mlinjo. Setiap hari rata-rata hanya mampu membuat emping mlinjo 3 (tiga) kilogram (kg) dengan pendapatan sekitar Rp 15.000.

Sejak berjualan di Taman Bendung Kamijoro mempunyai pendapatan lebih dibandingkan pada waktu bekerja buruh membuat emping. Keuntungan dari berjualan sekitar dua minggu, cukup untuk membiayai pembuatan warung.

“Waktu libur tahun baru Imlek, ribuan pengunjung di Bendung Kamijoro. Berjualan menghabiskan jagung rebus hingga 40 kg. Pendapatan sehari bisa mencapai sekitar Rp 420.000. Di hari-hari biasa hanya di kisaran Rp 50.000 sampai Rp 60.000,” ujar Rahayu. (Ras)