DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 17 Februari 2019 / 05:17 WIB

Rusunawa Tuksono Segera Diresmikan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Hingga saat ini Kabupaten Kulonprogo telah memiliki tiga Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), masing-masing di Pedukuhan Tambak Desa Triharjo, Desa Giripeni Kecamatan Wates serta di Pedukuhan Krebet Desa Tuksono Kecamatan Sentolo. Rusunawa merupakan program pemerintah dalam membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau, dengan cara menyediakan perumahan dalam bentuk rumah susun dan dapat disewa selama waktu tertentu.

Sayangnya minat masyarakat untuk menghuni Rusunawa masih relatif rendah. Hal tersebut terlihat di Rusunawa Tuksono.

Sampai sekarang baru sekitar 10 keluarga yang mendaftar untuk menjadi penghuni bangunan berlantai lima dengan 70 kamar tersebut. Padahal Pemkab Kulonprogo sendiri telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami telah mensosialisasikan kepada masyarakat dengan menempel pengumuman di desa-desa dan kecamatan serta melalui website Dinas Pekerjaan Umum Kulonprogo. Kami juga telah membuka pendaftaran dan berharap sebelum tanggal 20 Februari 2019 pendaftarnya bertambah,” kata Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Suparno ST.

Ditambahkan Rusunawa Tuksono akan diresmikan pada 25 Februari mendatang. “Mudah-mudahan sebelum peresmian target dapat terpenuhi yakni 20 pendaftar,” tambahnya.

Rusunawa didesain dan diperuntukkan bagi yang sudah berkeluarga tapi belum mempunyai hunian. Fasilitasnya pun cukup lengkap mulai dari ketersediaan air, listrik dan juga akses jalan. Hunian tersebut memiliki luas 36 meter persegi, terdiri dari ruang tidur utama, ruang tidur anak, ruang tamu, ruang makan, dapur dan juga kamar mandi.

Masing-masing ruang sudah lengkap dengan isinya, penghuni Rusunawa tinggal membayar keperluan listrik dan air. “Rusunawa Tuksono dapat jadi alternatif untuk memperkuat kemandirian keluarga,” ujar Suparno. (Rul)