DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 16 Februari 2019 / 20:29 WIB

Coffeepreneur Dituntut Berinovasi

SLEMAN, KRJOGJA.com - Gaya hidup sehat (healty lifestyle) telah menjadi tren gaya hidup anak muda masa kini. Sehingga saat nongkrong di warung kopi, generasi milenial ini cenderung memilih minuman kopi yang mengandung bahan-bahan alami atau tanpa gula agar tidak mengidap penyakit diabetes. Fenomena ini menjadi tantangan para pengusaha kopi (coffeepreneur) untuk menyajikan menu minuman kopi atau makanan pendamping yang baik bagi kesehatan.

Menyikapi hal itu, Pemilik Svarga Coffee & Eatery, Ully Angga mengatakan dalam menyajikan minuman kopi tidak diberi tambahan gula. Kalaupun ada konsumen yang menginginkan kopi manis, gula ditempatkan tersendiri atau menyajikan gula rendah kalori.

"Kalau dulu gula langsung dicampur dengan kopi, saat ini sudah dipisah, karena kesukaan rasa manis tiap-tiap orang berbeda-beda," terang Ully.

Ully juga membagikan tips membangun bisnis coffee shop. Menurutnya, untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan membeli kopi (repeat buying), sebuah coffee shop harus mempunyai karakter rasa. Selain itu perlu didukung suasana yang nyaman dan pelayanan yang prima. "Tak kalah penting pengusaha coffee shop (coffeepreneur) harus selalu berinovasi mengeluarkan varian menu baru," katanya. (Dev)