DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 14 Februari 2019 / 08:33 WIB

Hasto Ingin Kulonprogo Jadi Kabupaten Layak Anak

WATES, KRJOGJA.com - Dalam upaya percepatan mewujudkan Kulonprogo jadi Kabupaten Layak Anak/ KLA, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Lenny N Rosalin menggelar pertemuan dengan dr HHasto Wardoyo SpOG (K) di Bale Agung Pemkab Kulonprogo, Rabu (13/2).

Bupati Hasto menyampaikan keinginannya agar Kulonprogo bisa jadi KLA. Sehingga dirinya meminta informasi kepada Lenny N. Rosalin terkait hal-hal yang harus dilakukan dalam upaya mewujudkan keinginannya tersebut. Selain itu disampaikan banyak hal yang sudah dilakukan terkait hal tersebut seperti kelembagaan, kegiatan yang dilakukan OPD bekerjasama dengan dunia usaha, perguruan tinggi, media dan berbagai kebijakan yang mendukung Kulonprogo jadi kabupaten layak anak.

"Kami bertemu pak bupati bersama jajarannya untuk memastikan hal-hal yang perlu dilakukan lagi dan ditingkatkan serta diperkuat karena Kulonprogo ingin segera jadi KLA. Sebagaimana hasil evaluasi tahun 2018, Kulonprogo masuk kotegori madya. Memang perlu upaya bersama termasuk bekerjasama dengan dunia usaha, masyarakat, media juga forum anak. Ke depan hal itu perlu diperkuat, sehingga nanti kalau semua bekerja bersama berhasil semua insyaalloh, Kulonprogo bisa segera jadi Kabupaten Layak Anak,” kata Lenny N Rosalin.

Disebutkan 24 indikator KLA diantaranya Perda Perlindungan Anak, Pelembagaan, Partisipasi, Semua Anak harus memiliki Akta Kelahiran, Informasi Layak Anak (ILA), Partisipasi Anak, Tidak ada perkawinan anak, Semua anak ada yang mengasuh dan Lembaga Pengasuhan Alternatif. (Rul)